Banggar DPRD Riau Minta Pemprov Lakukan Lelang Dini Untuk APBD 2022

ade-agus-soal-fkub.jpg
(SIGIT/RIAUONLINE)

Laporan: BAGUS PRIBADI

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Anggaran (Banggar) DPRD Riau bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Riau sedang membahas secara rutin terkait APBD tahun anggaran 2022.

Anggota Banggar DPRD Riau, Ade Agus Hartanto, mengatakan rencana pengesahan RAPBD dilakukan pada November 2021. Ia menyampaikan pihaknya berencana mendorong Pemprov Riau melakukan lelang dini.

"Coba kita lihat di 2021 rata-rata kegiatan dilakukan di penghujung tahun. Ini kan jadi memperlambat penyerapan anggaran," tuturnya, Kamis malam, 18 November 2021.

Selain itu, Ade mengatakan kegiatan 2021 yang diselenggarakan di penghujung tahun juga memperbesar potensi sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa).

"Kalau Pemrpov berencana lelang dini ini ya pasti kami dukung. Tentu untuk mengurangi potensi Silpa kan, terus target itu bisa tercapai semua," tutur Ade.


Ade tak ingin kejadian pada 2021 terulang lagi. Karena menurutnya penyerapan komponen belanja APBD sebagai salah satu penunjang perekonomian masyarakat, terutama di tengah pandemi Covid-19.

"Kami imbau OPD terkait untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama, seperti kelalaian dalam melaksanakan program yang sudah ada itu," ujarnya.

"Selama ini uang itu ada cuma berada di bank, makanya ini yang merugikan masyarakat," ungkap Ade.

Selanjutnya, Politikus PKB itu mengimbau OPD agar tidak mengejar pengerjaan di akhir tahun saja, karena akan berbahaya jika tidak terealisasi akan ke ranah hukum. Baginya, jika semakin cepat dieksekusi maka semakin cepat juga realisasi dan uang berputar yang bermanfaat untuk masyarakat.

"Kalau waktu itu mepet tentu hasilnya tak maksimal, mau diperbaiki juga tak mungkin karena waktu sudah habis," tutupnya.