Angka Kecelakaan Tol Tinggi, Ini Saran Iwan Fatah

parismann.jpg
(sigit)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sejumlah kecelakaan marak terjadi belakangan di jalan tol Permai, Pola kejadiannya pun hampir mirip. Paling sering terjadi adalah kendaraan dengan ukuran kecil seperti mobil keluarga atau minibus menyeruduk kendaraan lebih besar seperti truk dan juga kendaraan menabrak pembatas jalan.

Terbaru kecelakaan lalu lintas terjadi pada Sabtu, 16 Januari 2021, sekitar pukul 04.05 WIB melibatkan pikap dan truk yang mengakibatkan satu orang tewas.

Disebut, Kecelakaan lalu lintas terjadi akibat pengemudi mengantuk melaju dengan kecepatan tinggi atau over speed dan kemudian menghantam bagian belakang truk.

Melihat fenomena ini, anggota DPRD Riau, Parisman Ihwan menyebut masyarakat belum terbiasa dengan jalan tol dan sering memacu kendaraan melewati batas kecepatan.

"Mungkin belum terbiasa, ngegas habis dijalan tol dan lagi pun mungkin kondisi kendaraannya kurang memadai di jalan tol," ujar Parisman, Senin 18 Januari 2021.


Namun demikian, pria yang akrab disapa Iwan Fatah ini tidak mau mencari kesalahan baik pengemudi maupun pengelola. Namun ia berharap semua pihak melakukan evaluasi.

"Kalo kita cari siapa yang salah, ya mungkin tidak ada yang salah. Karena pengemudi juga tidak menghendaki accident begitu juga pengelola tol yang membenahi penyebab-penyebab kecelakaan itu," ungkap Iwan.

Atas kejadian kecelakaan ini, Iwan berharap ini menjadi catatan dan kedepan evaluasi dapat segera dilakukan.

"Mungkin secara keseluruhan akan ada penambahan rambu-rambu lagi. Dengan adanya kondisi-kondisi, berjalannya tol, dan accident ini dan evaluasi pagi pengelola tol," tutup Iwan.