Muswil VI PAN Riau Digelar Jadi 28 Desember 2020, Ini Daftar Formatur

Musyawarah-Wilayah-PAN-2020.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Musyawarah Wilayah (Muswil) VI Partai Amanat Nasional (PAN) yang telah dijadwalkan tanggal 30 Desember 2020 oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN, dimajukan pelaksanaannya menjadi 28 Desember 2020.

Hal tersebut semata-mata karena DPP PAN menyelaraskan dengan jadwal Muswil di provinsi lain dan kegiatan DPP lainnya. Karena Muswil se-Indonesia harus diselesaikan semua sebelum tutup tahun 2020 ini.

"Informasi perubahan jadwal Muswil ini kami terima secara lisan eberapa hari yang lalu. Secara prinsip, kami siap saja menggelar Muswil kapan pun diinstruksikan DPP. Insya Allah DPP PAN akan datang ke Riau dengan rombongan yang cukup besar, yaitu ada Sekjen DPP PAN yang juga Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Mohd. Eddy Soeparno, Ketua DPP PAN yang juga Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh, Plh. Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh P. Daulay, Ketua POK DPP PAN Ahmad Mumtaz Raiz, Wakil Sekjen Irvan Herman dan Anggota FPAN DPR RI Dapil Riau H. Jon Erizal, SE, MBA dan beberapa lainnya," kata Ketua Panitia Pengarah Muswil VI PAN Riau, T. Zulmizan F. Assagaff.

Pada pembukaan Muswil Panitia juga mengundang Gubernur Riau untuk memberikan kata sambutan. Berhubung Pak Gubri Syamsuar masih sedang proses pemulihan kesehatan pasca perawatan, diharapkan Wagubri Eddy Natar Nasution akan hadir. Selain ini, akan ada pula tausiyah dari Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Riau Dr. H. Saidul Amin, Lc. Alhamdulillah sudah terkonfirmasi Ketua PWM Riau akan hadir secara fisik.

"Sebagaimana diketahui, masa jabatan pengurus DPW PAN Riau periode 2015 - 2020 telah berakhir pada Juni 2020 dan semestinya Muswil harus digelar seiring berakhirnya masa jabatan tersebut. Panitia juga telah siap sedia menggelar perhelatan terbesar PAN tingkat provinsi itu," kata Sekretaris DPW PAN Provinsi Riau ini.

Muswil yang mengusung tema "Bersebati Membangun Negeri" ini akan diikuti oleh sekitar 230 peserta dan peninjau yang terdiri dari: Pengurus Harian DPW, utusan DPP, Ketua MPPW dan jajaran, Ketua & Sekretaris DPD (tingkat kabupaten/ kota) dan Ketua DPC-DPC (tingkat kecamatan) se-Riau dan lain-lain.

Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka sebagian besar partisipan akan mengikuti kegiatan secara virtual. Secara terbatas sebagian peserta dan peninjau akan hadir secara fisik di Hotel Pangeran Pekanbaru, dan selebihnya didistribusikan di minimal 12 titik di ibukota setiap daerah.

Sedangkan Ketua Umum PAN beserta Pengurus DPP lainnya, juga akan hadir secara virtual dari Sekretariat DPP PAN di Jakarta.

"Tentu saja kami akan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 yang ketat di semua tempat. Izin atau rekomendasi dari pihak berwenang akan kami urus sebagaimana mestinya. Insya Allah tidak akan ada kendala berarti," katanya.

Sesuai tahapan, SC Muswil melalui DPW PAN Riau telah menyampaikan hasil verifikasi terhadap seluruh Bakal Calon Formatur ke DPP PAN. Dari 29 pendaftar, 13 orang dokumen persyaratannya dinyatakan lengkap, sedangkan 10 orang dokumen persyaratannya dinyatakan tidak lengkap, dan ada 6 orang pendaftar yang sama sekali tidak menyerahkan persyaratan. Kami telah sampaikan apa adanya kepada DPP PAN, terserah bagaimana penilaian DPP."

"Dari nama-nama tersebut, menjadi kewenangan DPP untuk memutuskan siapa-siapa dan berapa jumlah nama yang akan ditetapkan sebagai Calon Formatur dan dibahas dalam forum Muswil."

"Sesuai mekanisme, Muswil akan menetapkan Formatur sejumlah maksimal empat orang. Apabila nama calon yang diturunkan DPP lebih dari empat orang, maka forum Muswil akan memilih untuk dijadikan empat. Dan jika jumlah nama calon dari DPP adalah empat orang atau kurang, maka forum Muswil dapat langsung mengesahkannya sebagai Formatur. Lalu, Formatur inilah yang akan diberi mandat menyusun kepengurusan lengkap DPW PAN Riau periode 2020 - 2025. Ketua Formatur Terpilih otomatis akan menjadi Ketua DPW, namanya bisa langsung diumumkan saat Muswil atau Formatur akan diberi waktu untuk bermusyawarah dan kemudian menyampaikan hasilnya kepada DPP."

"Daftar nama Bakal Calon Formatur yang dokumen persyaratannya dinyatakan lengkap adalah sebagai berikut (berdasarkan abjad):
1. Aiden Yusti, S.Pd., M.Si. (Wakil Ketua DPW PAN Prov. Riau);
2. Alfedri, Drs., M.Si. (Ketua DPD PAN Kab. Siak/ Bupati Siak/ Bupati Siak Terpilih 2021 - 2026);
3. Erizal, ST (Bendahara DPW PAN Prov. Riau/ Calon Wakil Bupati Rokan Hulu);
4. Indra Yudi, SE (Wakil Sekretaris DPW PAN Prov. Riau);
5. Martius Busti, Drs., MM, MH (Wakil Ketua DPW PAN Prov. Riau);
6. Nofrizal, Ir., MM (Ketua DPD PAN Kota Pekanbaru/ Wakil Ketua DPRD Pekanbaru);
7. Peri Akri, SE, MM, CRBD (Wakil Ketua DPW PAN Prov. Riau);
8. Sahidin, Ir. (Ketua DPD PAN Kab. Kampar/ Anggota DPRD Prov. Riau);
9. Said Usman Abdullah (Kader PAN);
10. Samsuriya M. Hasyim, SIP, M.Si. (Wakil Ketua DPW PAN Prov. Riau);
11. Sunaryo, dr. (Wakil Ketua DPW PAN Prov. Riau/ Anggota DPRD. Prov. Riau); 

12. T. Zulmizan F. Assagaff, SE, M.Si., Ak., CA (Sekretaris DPW PAN Prov. Riau);
13. Zulfi Mursal, SH (Wakil Ketua DPW PAN Prov. Riau/ Ketua Fraksi PAN DPRD Prov. Riau)