Murah Banget, Pelihara Hamster cuma Butuh Dana Rp 30 Ribu Per Bulan

Hamster2.jpg
(Hamster Farm Pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Di Jalan Teratai Indah nomor 5, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Riau terdapat sebuah rumah menjual berbagai jenis hamster lengkap dengan aksesorisnya bernama Hamster Farm Pekanbaru. 

 

Tubuhnya yang mungil dengan tingkahnya aktif banyak menarik perhatian orang yang ingin memiliki hewan peliharaan. Bagi pemula sangat cocok memilih hamster untuk dijadikan peliharaan. 

 

Pasalnya, tidak sulit merawat hamster. Karena tubuhnya yang kecil maka hamster tidak memerlukan tempat yang luas sehingga bisa saja jika ingin dijadikan teman di kamar Anda. 

 

 

 

Novan Raynaldo, pemilik usaha Hamster Farm Pekanbaru, memulai memelihara hamster sejak tahun 2016. Saat itu sebagai mahasiswa peternakan ia sangat ingin memiliki hewan peliharaan dan mengkaplikasikan ilmu yang ia peroleh selama kuliah. 

 

“Masa anak peternakan tidak punya ternak,” pikirnya. 

 

Alasan utama memilih hamster adalah karena hamster memiliki tubuh yang kecil. Sehingga bisa dipelihara di kamar kos yang ia tempati. Seiring berjalan waktu memelihara hamster manjadi sebuah hobi bagi Novan. 

 

Semakin lama peliharaan Novan semakin bertambah. Banyaknya hamster yang dipelihara membuat ia dan kakaknya kemudian berinisitif untuk membangun usaha Hamster Farm Pekanbaru. 

 

“Karena saya masih kuliah, jadi saat itu yang mengembangkan kakak saya,” ucapnya. 

 

Mulanya Hamster Farm Pekanbaru menjual ternaknya hanya melalui media sosial. Ternyata respon pelanggan sangat positif sehingga saat ini orangtua Novan turut ambil andil mengurus usaha Hamster Farm Pekanbaru ini. 

 

Menurut Novan, memelihara hamster tidak sulit. Dalam merawat hamster hal pertama yang perlu disiapkan adalah alas kandang hamster. 

 

“Alasnya bisa menggunakan serbuk gergaji, sekam atau pasir zeolit,” katanya.

 

Hamster

 

Koleksi Hamster di Hamster Farm Pekanbaru/Hamster Farm Pekanbaru

 

 

Alas kandang hamster tidak dianjurkan terlalu lembab karena dapat menjadi sarang bakteri penyebab penyakit pada hamster.

 

Air minum hamster tidak boleh kosong. Makanan diberikan sehari dua kali setiap pagi dan sore. 

 

Novan memberikan makanan kepada hamster hasil racikan pribadi yaitu milet dicampur dengan kacang-kacangan seperti kacang hijau, kuaci dan jagung.  

 

Sebagai penambah nutrisi bisa diberikan tahu mentah, toge dan putih telur karena tinggi protein. Nutrisi tambahan tersebut sangat baik untuk hamster yang dalam masa hamil dan menyusui. 

 

Biaya yang perawatan hamster selama sebulan tidak menyiksa dompet menurut Novan.

 

“Paling hanya menghabiskan Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu sudah cukup,” katanya.

 

Novan mengklaim, yang membuat Hamster Farm Pekanbaru berbeda dengan peternak hamster lainnya adalah memiliki jenis yang lengkap dan sekaligus menyediakan aksesoris hamster.

 

“Kami menjual kandang, pasir mandi, vitamin, mainan, rumah-rumahan, botol minum, pakan dan serbuk alas,” jelasnya.

 

Hamster Farm Pekanbaru menjual dengan rentang harga Rp 20 ribu hingga Rp 80 ribu tergantung jenis. Satu bulan ia mampu menjual sekitar 100 ekor. Harga kandang hamster berkisar dari Rp 95 ribu hingga Rp 150 ribu. Sedangkan serbuk gergaji dan aksesoris dijual mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 25 ribu.

 

Omzet yang diperoleh mencapai Rp 6 juta hingga Rp 7 juta per bulan. 

 

Jenis hamster yang ada di hamster Farm Pekanbaru yaitu Roborovski, Syrian, Campbell, Winter White dan Hybrid. 

 

Novan, menyatakan, jenis Syrian paling banyak terjual karena perawatannya lebih mudah. Hamster jenis ini memiliki pergerakan lambat dan berukuran kebih besar dibandingkan jenis lainnya. 

 

Hamaster Syrian memiliki banyak variasi warna mulai yang polos hingga yang bercorak. Selain itu, mudah dipegang dan dijinakkan. 

 

“Jadi lebih cocok jika ingin di pelihara oleh anak-anak atau yang baru memulai ingin pelihara hamster,” katanya.

 

Peminat hamster di Riau cukup tinggi. Pasalnya, Hamster Farm Pekanbaru sering mendapatkan pesanan dari luar daerah dengan jarak tempuh maksimal 12 jam.

 

“Kami pernah mengirim ke Dumai, Duri, Rengat, Bagan Siapi Api dan beberapa daerah lainnya,” ucapnya.

 

Pengiriman hamster dilakukan menggunakan mobil travel. Hamster dikemas menggunakan box es krim yang dimodifikasi agar tetap bisa bernapas. Di dalam box harus diberi serbuk sebagai alas dan wortel untuk persediaan makanan selama perjalanan.

 

Untuk menarik perhatian pelanggan Hamster Farm Pekanbaru aktif melakukan promosi melalui acara di media sosial dan kemudian menyediakan hadiah berupa hamster serta aksesoris secara gratis bagi yang terpilih.

 

“Kami pernah merayakan ulang tahun seeokor hamster bernama Marcello yang ke tiga, lalu kami buat give away berupa seekor hamster dan aksesoris,” ceritanya.

 

Novan memiliki cita-cita ingin membuka toko khusus menjual hamster dan perlengkapannya suatu saat nanti. Ia melihat peluang di Pekanbaru cukup bagus karena masih jarang ditemui toko perlengkapan hewan peliharaan khusus hamster. 

 

 

 

Jika ingin mengetahui infomasi lebih mengenai Hamster Farm Pekanbaru dapat menghubungi nomor 085364169099 atau Instagram @hamsterfarmpekanbaru dan Facebook Hamsterfarmpekanbaru