Empat RS Di Pekanbaru Sudah Tak Bisa Tampung Pasien Covid-19

Pasien-Corona24.jpg
(istimewa)

Laporan: LUKMAN PRAYITNO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Daya tampung di empat rumah sakit di Kota Pekanbaru sudah tidak bisa menampung pasien baru tertular covid-19. Pasalnya, kapasitas ruangan khusus isolasi pasien covid-19 di empat RS tersebut telah penuh oleh pasein.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru. M Noer melalui Sekretaris dr Zaini Rizaldy Saragih.

"Ada empat rumah sakit yang sudah penuh yaitu Rumah Sakit Santa Maria, Rumah Sakit Prima, RS Bina Kasih dan RSUD Arifin Achmad," ungkap dr Zaini, Rabu 7 Oktober 2020.


Dikatakannya, RS Santa Maria Saat ini telah menampung sebanyak 43 pasien terkonfirmasi positif covid-19. Kemudian RS Prima juga telah menampung 3 pasien positif covid-19. Kemudian RS Bina Kasih menampung 5 pasien, dan RSUD Arifin Achmad menampung 86 pasien positif covid-19.

"Meski begitu, ruang khusus isolasi masih terdapat di 18 rumah sakit lainnya. Seperti RS Awal Bros Pekanbaru masih bisa menampung 16 orang lagi dari kapasitas 73 pasien. RS Islam Ibnu Sina masih bisa 1 orang lagi dari kapasitas 14 pasien," paparnya.

Kemudian RS Tentara masih bisa menampung 6 orang dari kapasitas 20 pasien, RS Hermina 2 orang lagi dari 24 pasien dan RS Awal Bros Ahmad Yani masih bisa 9 orang lagi dari kapasitas 62 pasien.

RS Syafira masih bisa 6 orang lagi, RSUD Petala Bumi 15 orang, RS Awal Bros Panam 9 orang lagi. Kemudian RS PMC 6 orang lagi, RS Bhayangkara 8 orang lagi, RS Prof Dr Tabrani 3 orang lagi dan RS Eka Hospital 29 orang lagi dari kapasitas 87 pasien.

Selain itu, RSD Madani Pekanbaru msih bisa menampung 11 orang lagi dari kapasitas 39 pasien. RS Sansani 18 orang lagi, RS Roesmin Nurjadin 3 orang lagi. RS UNRI tidak ada pasien yang dirawat dari kapasitas 11 orang yang disiapkan. Sedangkan RS Jiwa Tampan masih bisa 22 orang lagi dari kapasitas 32 pasien.

"Ruang isolasi yang sudah terisi pasien terkonfirmasi positif covid-19 dari 22 rumah sakit mencapai 697 ranjang. Sedangkan ranjang yang masih kosong tersedia 178 unit," jelasnya.