Alhamdulillah, Pasien Sembuh Bertambah 195 Orang

mimi-kadinkes.jpg
(Lukman)

Laporan: LUKMAN PRAYITNO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Riau merilis tambahan 195 pasien sembuh pada Jumat (18/9/2020). Sehingga total pasien sembuh dari covid-19 mencapai 2012 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan tambahan pasien sembuh hari ini lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Namun tambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Riau juga tinggi yaitu 225 kasus berturut-turut dalam dua hari terakhir.

"Jika dibandingkan dengan sebelumnya, kali ini jumlah pasien yang sembuh cukup banyak. Biasanya pasien sembuh rata-rata dibawah 100 orang, namun kali ini mencapai 195 pasien. Ini kabar baik bagi kita semua," ujar Mimi.

Dari 195 pasien yang telah dinyatakan sembuh tersebut, 190 di antaranya merupakan warga Kota Pekanbaru. Sedangkan sisanya yaitu warga Kampar 2 orang, Kabupaten Siak 1 orang, Kota Dumai 1 orang dan Bengkalis 1 orang.

Meskipun telah dinyatakan sembuh, Mimi meminta semua pasien yang telah dipulangkan atau tidak lagi menjalani isolasi mandiri agar tidak langsung berbaur dengan masyarakat. Setidaknya hingga 7-10 hari kedepan.

"Untuk pemulihan harus beristirahat dulu di rumah. Jadi tidak boleh langsung berbaur dengan masyarakat apalagi langsung bekerja seperti biasa," ujar Mimi.

Hal ini cukup beralasan, pasalnya saat ini pasien dinyatakan sembuh hanya dengan sekali hasil swab negatif. Sedangkan sebelumnya pasien harus menjalani dua kali tes Swab dengan hasil negatif, baru bisa dinyatakan sembuh.