Mau Jadi Bupati? Anggota DPRD dan PNS Wajib Sertakan Surat Pengunduran Diri

PNS-Balkot-DKI-Jakarta.jpg
(Fanny Kusumawardhani/kumparan)

RIAU ONLINE, PELALAWAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pelalawan juga telah memulai tahapan Pilkada sejak beberapa bulan lalu.

Yang paling ditunggu-tunggu yakni jadwal pendaftaran Bakal Calon (Balon) bupati dan wakil bupati.

"Untuk pendaftaran calon bupati dan wakil bupati dijadwalkan pada tanggal 4 sampai 6 September mendatang," kata Ketua KPU Pelalawan, Wan Kardiwandi, Minggu 23 Agustus 2020.

Wan Kardiwandi menyebutkan, tahapan pendaftaran Pasangan Calon (Paslon) yang akan ikut di Pilkada Pelalawan 2020 itu sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

Para Paslon yang hendak bertarung di pemilihan kepala daerah ini mendaftarkan diri dengan persyaratan yang ditetapkan.

Dalam aturan, lanjut Wan Kardiwandi, bagi Balon bupati dan wakil bupati yang mendaftar harus memenuhi syarat pencalonan dan calon.

Terutama bagi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Pegawai Negeri Sipil (PNS), maupun yang bekerja di instansi lainnnya.

Anggota dewan maupun PNS harus melampirkan surat pengunduran dirinya pada saat pendaftaran sebagai bakal calon.

"Saat pendaftaran, bagi anggota dewan maupun PNS atau sejenisnya harus melampirkan surat pengunduran dirinya sebagai salah satu syarat," tambah Wan Kardiwandi.

Ia menyebutkan, ada empat item yang harus disiapkan oleh calon yang berasal dari DPRD maupun PNS.

Itu harus diisi dan dilengkapi dalam tahapan pendaftaran.

Namun saat ini KPU telah membuka desk untuk bakal calon yang ingin berkonsultasi dan berkoordinasi tentang syarat calon dan pencalonan.

Agar lebih mudah mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan tahap pendaftaran nanti.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pelalawan Riau tahun 2020 tinggal empat bulan lagi yang jatuh pada 9 Desember mendatang.

Tensi politik menjelang Pilkada di Pelalawan mulai terasa sejak para bakal calon bermunculan.

Terlebih lagi Partai Politik (Parpol) telah menetapkan rekomendasi dan dukungannya kepada tokoh yang maju pada pesta demokrasi mendatang.