DPRD Pelalawan Minta Diskes Sediakan APD di Puskesmas

anton-sugianto.jpg
(istimewa)

Laporan: RISKI APDALLI

RIAUONLINE, PELALAWAN - Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pelalawan, Anton Sugianto, meminta kepada Dinas Kesehatan (Diskes) agar segera mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) ke seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Pelalawan.

Ia mengaku sering mendapat pengaduan dari beberapa Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) terkait ketersedian APD di lapangan.

"Laporan dari puskesmas banyak yang masuk ke kami soal APD yang minim. Kita berharap dalam penanganan Covid-19, tenaga medis di Puskesmas juga harus dibekali APD," jelas, Anton sapaan akrabnya ini.

Anton mengatakan, APD merupakan pakaian dan perlengkapan untuk melindungi tenaga medis yang melakukan perawatan terhadap orang yang berisiko terjangkit Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), walaupun masih berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Menurutnya, APD sangatlah penting bagi tenaga medis. Sebab satu set APD hanya bisa digunakan selama sehari, lantaran perlengkapan tersebut bersifat sekali pakai. APD yang digunakan terdiri dari gown (baju pelindung diri), masker N95, pelindung wajah, dan sepatu boots.

"APD ini sangat penting untuk tenaga medis, setahu saya satu set APD lengkap hanya digunakan untuk satu hari. Diambah sekarang tim gugus tugas sudah dibentuk disetiap Kecamatan di Kabupaten Pelalawan," tegasnya kepada, RiauOnline.co.id.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan, Asril, mengatakan pihaknya sudah mendistribusikan. Namun, Asril, tidak menyebutkan rincian berapa yang telah di distribusikan.

"Sudah kita distribusikan ke Puskesmas, disamping itu Puskesmas dengan swadaya mereka juga menyediakan APD," tandas, Asril, yang juga juru bicara Covid-19 Pelalawan ini, kepada RiauOnline.co.id, Ahad 22 Maret 2020.***