Darurat Sampah, DLHK Pekanbaru Hendaknya Tidak Tunggu Pemenang Lelang

tumpukan-sampah7.jpg
(WAYAN SEPIYANA/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil mendorong Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru optimalkan pengangkutan sampah. Ia memberi instruksi agar DLHK memastikan tidak ada sampah menumpuk di tepi jalan.

"Harus ada langkah cepat agar tidak ada penumpukan sampah di jalanan kota," jelasnya Rabu 6 Januari 2021.

Jamil menyebut proses pengangkutan sampah bisa dilakukan secara bertahap. Menurutnya, tidak bisa menanti pengangkutan hingga pemenang lelang angkutan sampah terpilih.

Proses pengangkutan oleh DLHK Kota Pekanbaru sudah berlangsung sejak awal pekan ini. Pengangkutan melibatkan armada angkutan sampah DLHK dan armada tambahan dari PT.Godang Tua Jaya.

"Jadi proses pengangkutan sampah bisa dimulai sejak dinihari, agar penumpukan sampah bisa berkurang," ujarnya.

Kepala DLHK Kota Pekanbaru, Agus Pramono menyebut bahwa jumlah armada yang mengangkut sampah mencapai 43 armada. Penambahan armada ini untuk membantu pengangkutan sampah yang menumpuk sejak akhir pekan kemarin.

Sementara, proses pengangkutan sampah di lingkungan juga menggandeng FK RT/RW. Mereka membantu upaya pengangkutan sampah dari pemukiman masyarakat menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Mereka nantinya membantu pengangkutan hingga pemenang angkutan sampah tahun 2021 terpilih. Proses lelang saat ini masih berjalan.

Agus juga mengimbau masyarakat bisa membuang sampah sesuai jadwal di TPS. Mereka bisa membuang sampah dari pukul 19.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.