Dinas Kesehatan Riau Ungkap "Keajaiban" Cuci Tangan Hempang Covid-19

Miklon.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

Laporan : Muthi Haura

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Covid-19 semakin mengkhawatirkan, dilansir dari laman corona.riau.go.id, pertanggal 8 Oktober 2020, 36753 orang suspek dan 8982 orang terkonfirmasi positif Covid-19. 

 

Staff Dinas Kesehatan bidang Promosi Kesehatan, Miklon mengingatkan untuk lakukan pesan ibu, yakni: mencuci tangan, jaga jarak, memakai masker, dan hindari keramain. 

 

 

 

Memakai masker ini berguna agar menghindari droplet. Droplet sendiri merupakan cairan atau cipratan liur yang dikeluarkan seseorang dari hidung atau mulut saat bersin, batuk, bahkan berbicara. 

 

Ketika di ruangan ber-AC, droplet yang sudah terindikasi virus akan bertahan hidup lebih lama dibandingkan saat di ruangan yang tidak ber-AC. Sedangkan cuci tangan dinilai sangat penting, karena virus akan hancur ketika terkena sabun. 

 

 

 

"Cuci tangannya juga harus benar langkahnya. Ada lima langkah cuci tangan sehat," katanya saat RollCast (Riau Online Podcast), Kamis, 8 Oktober 2020.

 

Selain pesan ibu, tidur cukup, makan bergizi, dan terkena sinar matahari juga merupakan hal yang harus diperhatikan. 

 

 

Miklon menghimbau agar semua elemen masyarakat, baik itu pegawai, pedangang, dan lain sebagainya agar tidak abai dengan protokol kesehatan.

 

Jadilah agen perubahan dan jangan abai terhadap Covid-19. 

 

"Lebih baik mencegah, dari pada terkena Covid-19," tutupnya.