Jaringan Telkomsel Mati Juga Berpengaruh Terhadap Transaksi Perbankan

server-terbakar.jpg
(riauonline)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Terbakarnya Gedung High Performace Back Bone (HPBB) PT Telkom Riau Daratan (Ridar), Jalan Sudirman, Pekanbaru, Selasa (11/8/2020), tak hanya berdampak terhadap layanan jaringan telekomunukasi ke pelanggan lumpuh.


Transaksi perbankan juga terkena dampak terbakarnya gedung bagian dari Kompleks perkantoran Telkom dan Telkomsel tersebut.

Arrur, warga Pekanbaru, terpaksa dua kali berpindah kantor Cabang Bank Mandiri dari Jalan Ahmad Yani menuju Jalan Sudirman.

"Saya kaget, kok tak bisa setor tunai dan transfer uang ya. Ada masalah apa ini?" kata Arrur.

Ia baru mengetahui gedung Telkom terbakar saat pindah ke mesin ATM Bank Mandiri di Jalan Sudirman, samping Gedung DPRD Pekanbaru.

Ketika itu, saat sedang setor tunai ke mesin ATM, masuk dua petugas tekhnisi pengisian uang.
Petugas tersebut menceritakan, dari Jalan Imam Munandar atau Harapan Raya, hingga ke Sudirman, jaringan Telkom dan Telkomsel lumpuh total.

"Dari petugas tekhnisi itulah saya tahu, gedung Telkom terbakar berdampak jaringan internet dan telekomunikasi terputus, mati," ceritanya.

Kebakaran gedung Telkom tersebut diperkirakan terjadi pada pukul 15.30 WIB, seiring dengan putusnya jaringan Telkomsel dan Indihome.

Hingga pukul 17.15 WIB, api sudah mulai berhasil dijinakkan dan beberapa petugas telkom serta kebakaran masih berada di lokasi kejadian.