Peringati Hari Bumi, Yayasan Belantara Kampanye Peduli Pohon

Hari-bumi.jpg
(Hasbullah Tanjung)

LAPORAN: HASBULLAHTANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Yayasan Belantara menggelar acara guna memperingati hari bumi di Areal CFD Jalan Gajah Mada, Minggu, 22 April 2018.

Ketua Panitia, Hasan Supriyanto kepada RIAU ONLINE menyampaikan bahwa tema acara kampanye ini adalah pohonmu hidupmu.

"Pohonmu Hidupmu, aktivitas penebangan pohon saat ini kan cukup mengkhawatirkan, makanya kita ingin menyadarkan kepada seluruh masyarakat agar peduli dengan pohon," jelasnya.

Dengan menanam pohon, lanjut Hasan, kehidupan anak cucu kita ke depannya akan lebih baik, karena pohon sangat penting bagi kehidupan di bumi. Selain itu, Yayasan Belantara bersama beberapa organisasi lainnya, juga melakukan kampanye ke sekolah-sekolah.

"Kita sudah ke SMAN 1 Minas, dan juga kita buat pengajian tentang pentingnya menjaga lingkungan daam acara Isra' Miraj di SMAN 1 Pekanbaru, kan dalam agama kewajiban menjaga bumi itu juga ada," pungkasnya.

Untuk acara kampanye di CFD sendiri, ada beragam kegiatan, mulai dari pembagian bibit pohon gratis, penyampaian informasi seputar pohon dan satwa langka, panggung musik, photo both, dan lainnya.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau, Ervin Rizaldi, dikatakannya jumlah bibit ada sekitar 3000 bibit.

"Untuk saat ini, ada 3000 bibit, ada sirsak dan durian, tapi kalau ada masyarakat lain yang ingin menanam pohon juga, silahkan minta kepada kita, kita punya stok 2 juta bibit pertahunnya," ujarnya.

Selain itu, Ervin juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih peduli dengan lingkungan, terlebih dengan banyaknya pencemaran limbah plastik saat ini.

"Kalau ke pasar, bawa plastik dari rumah, jangan minta yang baru, ini salah satu cara meminimalisir penggunaan limbah plastik," tuturnya.

Salah seorang mahasiswa, Rizal, mengaku senang dengan pembagian bibit gratis ini, sebab penebangan pohon saat ini memang sangat mengkhawatirkan.

"Makanya, saya bawa bibit pohon ini ke Sekre BEM, agar Sekre lebih hijau lagi," ulasnya.(2)