Banyak Travel Umroh Gagal Berangkatkan Jemaah, Dewan: Perketat Izinnya

Ilust-Umroh.jpg
(KABAR NEWS)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Banyaknya Biro Travel Umroh yang gagal memberangkatkan jemaah cukup meresahkan masyarakat belakangan ini.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD Riau Taufik Arrahman meminta ketegasan Kementerian Agama (Kemenag) dalam menerbitkan izin perusahaan biro travel umroh ini.

"Harusnya ada perhatian khusus dari Kementerian Agama terkait masalah perizinan bagi perusahaan travel umroh ini, untuk mengantisipasi adanya masyarakat yang tertipu daya hingga batal berangkat," ujarnya, Selasa, 10 April 2018.

Kurang tegasnya regulasi, diakui Taufik, dijadikan celah oleh oknum-oknum pengusaha yang tidak serius dalam membuka biro travel umroh.

"Kalau dibiarkan ada celah untuk membuat pengusaha yang tak serius ini, akhirnya mereka berusaha sendiri, memikirkan sendiri, dan kreatif sendiri," tambah Taufik.

Baca Juga 50 Jemaah PT Kiblatain Jaya Wisata Batal Umroh

Ditambahkan Taufik, biasanya pengusaha yang tidak serius menggunakan sistem gali lobang tutup lobang untuk memberangkatkan konsumennya.

"Mereka biasanya putar-putar dulu uangnya, karena kekurangan modal," katanya.

Untuk itu, ia meminta Kemenag segera memperketat perizinan usaha jasa biro travel umroh, karena ini satu-satunya jalan untuk mengantisipasi kegagalan berangkat jemaah.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id