UNBK Alami Kendala Teknis, Dewan Minta Disdik Riau Lebih Berhati-hati

UNBK-SMA-Ilustrasi.jpg
(Radar Lombok)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi V DPRD Riau membidangi pendidikan mengimbau agar Dinas Pendidikan Riau lebih berhati-hati lagi dalam mengadakan UNBK 2018, pasalnya ditemukan beberapa permasalahan dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ini.

"Ini tentu menjadi perhatian karena penting dan mendesak," ungkap Sekretaris Komisi V Ade Agus Hartanto, Selasa, 10 April 2018.

Kedepannya, pria yang kerap disapa Gus Ade ini meminta agar permasalahan seperti ini jangan sampai terjadi lagi dan Disdik Riau harus segera mengatasi permasalahan ini secepatnya.

"Kita tidak bisa salahkan siapa-siapa, dan mereka (Disdik) tentu lebih paham masalah ini, karena ini masalah teknis," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Komisi V Aherson menyayangkan adanya permasalahan teknis seperti ini, menurutnya kinerja Disdik Riau dan pihak sekolah kurang maksimal.

"Kalau kinerja maksimal tentu ini bisa teratasi, dan kendala seperti ini tentu tidak akan terjadi," ujar Politisi Demokrat ini.

Baca Juga Di Hari Pertama UNBK, Inilah Kendala Teknis yang Dihadapi Siswa

Ditambahkannya, persiapan UNBK ini sudah jauh-jauh hari dilaksanakan, seharusnya hal-hal seperti ini bisa dihindari.

"Ini kan bukan dua tiga hari sebelum UNBK, anggaran juga cukup besar untuk ini, dan kita (DPRD Riau) tetap akan mengawasi ini," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Indra Agus Lukman mengungkap berbagai kendala secara teknis yang dihadapi para pelajar SMA saat melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), yang digelar sejak kemarin, Senin, 9 April 2018.

Salah satu kendala yang dihadapi saat pelaksanaan UNBK adalah terkait jaringan. Pasalnya, peserta ujian harus berbagi jaringan dengan masyarakat lain dalam mendapatkan koneksi internet, terutama saat di jam-jam sibuk.

"Secara teknisnya itu kendalanya dari UNBK itu terletak pada overload-nya jaringan kita dengan kapasitas area," katanya di SMA 1 Pekanbaru, Senin, 9 April 2018.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id