Kedatangan Terdakwa Penistaan Agama di Pengadilan Jadi Perhatian Warga

Soni-di-Pengadilan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kehadiran Soni Susano Pangabean yang merupakan terdakwa dalam sidang kasus penistaan agama menarik perhatian masyarakat yang hadir dalam sidang setelah mengalami keterlambatan dari jadwal awal, yakni pukul 11.30 WIB, Senin, 12 Juni 2017.

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, pengunjung sidang yang kebanyakan berasal dari organisasi Front Pembela Islam (FPI) Riau terperanjak ketika mendengarkan suara sirine mobil tahanan yang baru saja mendatangi PN, Pekanbaru.

Beberapa dari mereka menyempatkan diri mengabadikan kedatangan Soni Susano Pangabean yang baru saja tiba dari tahanan Kejaksan Tinggi Riau itu, dengan mengambil foto melalui kamera smartphone. Salah satu dari pengunjung bahkan memanggil nama Soni karena tak mendapatkan gambar yang diinginkan.

"Soni, Soni sini, sini. Lihat kamera haa," teriak warga di depan pembatas ruang tahanan PN, Pekanbaru. Namun, Soni yang mengetahui keberadaan mereka tak memperhatikan.

Baca Juga: Hari Ini, Digelar Sidang Penistaan Agama Soni Dengan Agenda Eksepsi

Sidang penista agama hari ini akan berlangsung dengan agenda mendengarkan eksepsi dari penasehat hukum terdakwa.

Pada sidang sebelumnya, Selasa, 5 Juni 2017, penuntut umum membacakan dakwaan atas pelanggaran Pasal 45 A ayat 2 junto Pasal 28 ayat 2 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.

Soni didakwa telah dengan sengaja memposting kata-kata pelecehan terhadap agama Islam di akun Instagram, Senin, 20 Maret 2017 sekira pukul 13.30 WIB melalui smartphone. Dakwaan itu langsung mendapat penolakan keras dan mendapatkan tuntutan dari masyarakat.

Hingga akhirnya postingan itu berujung pelaporan oleh Organisasi Front Pembela Islam (FPI) Riau ke Polda Riau terkait tulisan Soni.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline