Aktual, Independen dan Terpercaya


Gelar Gemar Siak Berzakat, BAZNAS Kumpulkan Rp 152 juta dalam 30 Menit

Siak-di-Gemar-Berzakat.jpg
(ISTIMEWA)

Laporan: Effendi

RIAU ONLINE, SIAK - Sempena kegiatan Gerakan Masyarakat Siak Berzakat (Gemar Siberkat IV) yang ditaja oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Siak di Masjid Al Munawwaroh Kecamatan Dayun, Bupati Siak Syamsuar mengimbau kepada para pengurus BAZNAS dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan agar mendata setiap muzaki yang ada di kecamatan dan kampung-kampung.

Syamsuar, mengharapkan agar data muzaki yang ada di setiap kecamatan harus valid dan sampai ke kampung. Hal ini diungkapkannya dalam rangka memaksimalkan pengumpulan zakat di kabupaten, pada, Minggu 11 Juni 2017, siang.

Menurutnya, jika dibandingkan dengan potensi zakat di Kabupaten Siak, saat ini belum sebanding dengan hasil pengumpulan yang di capai BAZNAS Siak.

Baca Juga: Alhamdulillah, Warga Kampung Tualang Ini Terima Rumah Layak Huni dari Syamsuar

Dijelaskannya, zakat merupakan kewajiban umat Islam, terutama bagi orang yang sudah mampu dan mempunyai kelebihan. "Kita wajib saling mengingatkan kepada para muzaki agar membayarkan zakatnya kepada lembaga Amil zakat (BAZNAS) yang selanjutnya disalurkan kepada kaum duafa," kata Syamsuar.

Sementara itu Ketua BAZNAS kabupaten Siak Muhammad Rasyid Suharto menyampaikan bahwa kegiatan Gemar Siak berzakat ini merupakan kali keempat dan sekarang sesuai jadwal dilaksanakan di kecamatan Dayun.

Pada kesempatan itu, Bupati dan wakil Bupati Siak bertindak sebagai Amil Zakat yang didampingi juga oleh Kakan Kemenag Muharom dan Camat Dayun Wayan.

Ketua Baznas Siak M Rasyid Suharto mengatakan, dalam waktu 30 menit terkumpul sebanyak Rp152 juta lebih. Pengumpulan zakat pada tahun ini untuk kecamatan Dayun mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu Rp 109 juta.

Klik Juga: Bupati Siak: Bukan Pasien yang Datang, Tapi Dokter Ke Rumah Warga

"Kepada masyarakat Kecamatan Dayun khususnya agar menyalurkan zakatnya ke Baznas, terutama bagi para pengusaha, para petani sawit dan para pedagang," kata Rasyid.

Ia berharap tahun berikutnya pengumpulan zakat di kecamatan Dayun terus mengalami peningkatan.

Turut hadir pada kesempatan ini Wakil Bupati Siak Alfedri, KaKan Kemenag Siak Muharom, Camat Dayun Wayan, pimpinan perusahaan BSP, KUA Dayun, perwakilan dari Polsek Dayun serta pengurus UPZ Dayun.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline