Pertama di Riau, Siak Akan Gelar Musabaqah Hifzil Alquran

Alquran1.jpg
(INTERNET)

Laporan: Effendi

RIAU ONLINE, SIAKUntuk memberikan semangat anak-anak dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Siak, yang berlomba-lomba bersama orang tuanya belajar menghafal Alquran, Bupati Siak, Syamsuar mengatakan akan menggelar khusus Musabaqah Hifzil Alquran.

Hal tersebut disampaikan Syamsuar saat Safari Ramadan di Masjid Agung Amirul Mukminin, RT 001 RK 007, Kelurahan Sungai Apit, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Selasa, 30 Mei 2017, malam.

Dijelaskan Syamsuar, terkhusus dibuatnya Musabaqah Hifzil Alquran ini, berdasarkan inisiatif dari guru-guru hafiz di Kabupaten Siak yang menegakkan anak-anak yang ingin menunjukkan kebolehannya menghafal Alquran.

Baca Juga: Siak, Satu-Satunya Pemda di Riau Jalin Kerjasama dengan Universitas di Jepang

"Jadi, untuk menambah semangat anak-anak ini, yang kami tahu di tingkat MA, MI, MTS apalagi pondok pesantren, bahkan ada tumbuhnya beberapa hafiz serta tumbuhnya minat anak-anak di sekolah-sekolah umum untuk belajar Alquran, ya kami fikir ini lebih bagus kita siapkan spesial Musabaqah Hifzil Alquran" ungkapnya.

Syamsuar menyebutkan bahwa kemungkinan acara Musabaqah Hifzil Alquran adalah untuk pertama kalinya di Riau. Sebab, kata dia, tidak ada satupun Kabupaten di Riau ini yang membuat khusus Musabaqah Hifzil Alquran ini.

Selanjutnya, orang nomor satu di Siak ini berharap, anak-anak di Siak juga dapat menguasai bahasa asing, terutama bahasa Arab dan Inggris. Sebab, kedua bahasa ini menjadi syarat atau acuan untuk masuk ke perguruan tinggi di negara bagian timur tengah.

Klik Juga: Satu-Satunya di Riau Siak Green City Nasional

"Harapan saya bagaimana ke depan pendidikan menjadi target kita bersama, sebenarnya anak Siak ini pintar hanya saja kurang pada bahasa. Saya Berharap kepada guru-guru untuk dapat tingkatkan prestasi siswa di bahasa, terutama bahasa inggris dan bahasa arab, karena kedua bahasa ini merupakan modal anak-anak kita melanjutkan pendidikan di sekolah agama internasional," pungkasnya.

Sebelumnya, dilaksanakan acara buka bersama dengan masyarakat di Kediaman Camat Sungai Apit, dilanjutkan dengan tarawih berjamaah. Usai tarawih berjamaah, Syamsuar menyerahkan santunan kepada Anak yatim piatu sebanyak 386 orang, masing-masing mendapatkan Rp 200 ribu/orang, 1 gulung karpet sajadah, Alquran terjemahan dan simbolis Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline