Siak, Satu-satunya Pemda di Riau Jalin Kerjasama dengan Universitas di Jepang

Nama-Pemkab-Siak-Muncul-di-Universitas-Chiba.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: Effendi 

RIAU ONLINE, SIAK - Pemerintah Kabupaten Siak (Pemkab) Siak, menjadi satu-satunya pemerintah daerah di Provinsi Riau yang ditetapkan oleh Universitas Chiba, Jepang, sebagai pusat lingkungan hidup untuk penginderaan jauh (Center for Environmental Remote Sensing). 

Kepastian ini diperoleh usai nama Pemkab Siak (Regency of Siak) muncul di laman resmi dari universitas di Jepang tersebut. Selama sepekan, sejak 21 Maret 2017 silam, enam peneliti dari universitas Chiba melakukan penelitian tentang gambut di Negeri Istana itu. 

"Kerja sama Pemkab Siak dan Universitas Chiba Jepang, Alhamdulillah berjalan dengan baik dan konsisten. Kabupaten Siak sudah muncul di website Chiba University sebagai international partner," kata Dosen Universitas Islam Riau (UIR), Husnul Kausarian, yang juga putra Siak, kepada RIAUONLINE.CO.ID, Minggu, 26 Maret 2017. 

Baca Juga: Jembatan Terindah Ini Bukan Di Amerika, Tapi Hanya Ada Di Kabupaten Siak

Selain penelitian lingkungan dan gambut, tutur anak muda dengan gelar doktor ini, kerjasama antara Siak-Universitas Chiba di bidang pendidikan, perkembangannya sangat baik.

"Calon-calon mahasiswa pascasarjana dari Siak akan dikirimkan ke Jepang. Kini mereka sedang menjalani program intensif pelatihan dan pemantapan bahasa Inggris diikuti PNS dan masyarakat umum yang terpilih berdasarkan hasil seleksi," tutur dosen teknik itu. 

Para calon ini, jelasnya, akan menjalani program selama tiga pekan, 11-25 Maret 2017, di Pusat Pemantapan Bahasa Inggris UIR. Di akhir program tersebut, akan diadakan tes TOEFL guna mengetahui skor diperoleh peserta sebagai syarat kuliah di Jepang.

"Diharapkan Oktober 2017, masyarakat Siak sudah ada berangkat kuliah ke Jepang. Seluruh biaya kuliah akan ditanggung pemerintah Jepang dan mahasiswa diberikan beasiswa penuh oleh mereka," jelas Husnul. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline