Ke Konsulat Malaysia, Siak Jalin Kerjasama untuk Tiga Wilayah Kerajaan Malaysia

Bupati-Siak-di-Konsulat-Malaysia.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pertama di Indonesia, Bupati Kabupaten Siak, Syamsuar mengunjungi Konsulat Malaysia di Pekanbaru untuk meningkatkan kerjasama di bindang pariwisata, industri dan transportasi air Siak.

Terutama dalam rangka menjalin kerja sama untuk tiga wilayah yang ada di Kerajaan Malaysia. Sebab, menurut Syamsuar, Siak memiliki kesamaan dari segi corak dan wilayah dengan barisan budaya yang ada di Malaysia seperti Johor, Terengganu dan Malaka.

"Karena kami tahu bahwa Kabupaten Kota lain tidak ada yang bekerja sama dengan negeri Jiran ataupun beberapa wilayah mereka lainnya. Sementara kita sudah ada pintu masuk. Apalagi kita satu budaya rumpun melayu," kata Bupati Kabupaten Siak, Syamsuar di konsulat Malaysia, Senin, 15 Mei 2017.

Baca Juga: Siak, Satu-Satunya Pemda di Riau Jalin Kerjasama dengan Universitas di Jepang

Syamsuar berharap Kabupaten Siak yang cukup banyak memiliki destinasi wisata, industri dan transportasi air mampu menarik minat tiga wilayah yang diinginkan untuk menanamkan modal ke wilayah yang sekarang dipimpinnya.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Konsulat Malaysia untuk Indonesia di Pekanbaru, Handim Hadi menyetujui niat baik dari Syamsuar.

Konsulat yang tidak hanya bekerja terkait pengurusan visa juga memiliki peranan yang lebih besar dari pada itu. Seperti untuk menjembatani antar belah negara untuk mengambil kata sepakat.

Klik Juga: Jembatan Terindah Ini Bukan di Amerika, Tapi Hanya Ada di Kabupaten Siak

"Kami menyetujui apa yang diinginkan oleh Bupati Syamsuar. Karena fungsi kami ini cukup besar. Permintaan seperti wilayah kami yang ada di Tranggano, Johor, Malaka kami usahakan supaya hubungan Riau dengan kami dapat terjailn dengan baik," tegasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline