Riau Masuki Musim Penghujan, Ayo Cegah Penyakit DBD dengan 3M Plus

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Andra Syafril mengimbau kepada masyarakat Riau untuk melaksanakan 3M Plus guna mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) mengingat Provinsi Riau telah memasuki musim penghujan.

 

"Kalau kasus demam berdarah ini sangat dipengaruhi oleh iklim dan sekarang kita sudah memasuki musim penghujan. Jika penghujan hulunya tidak dilakukan dengan baik, maka persoalannya banjir dan demam berdarah tentunya akan tinggi," ucapnya di Pekanbaru, Kamis, 20 Oktober 2016.

 

3M merupakan upaya pencegahan DBD dengan Menutup, Menguras dan Mengubur barang-barang yang dapat menyebabkan perkembangan, penyebaran nyamuk demam berdarah. Untuk memaksimalkan pencegahan dapat dilakukan tindakan Plus, yakni menabur bubuk abate, tidur menggunakan kelambu, memelihara ikan pemakan nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, pengaturan pencahayaan ventilasi, tidak menggantung pakaian di ruangan dan meningatkan gizi.

Baca Juga: Ampuh, Cara Sederhana dan Murah Ini Efektif Basmi Nyamuk

 

Andra berharap dengan upaya 3M Plus, masyarakat Riau dapat terhindar dari penyebaran virus yang dibawa oleh nyamuk dengue.

 

"Jadi penyakit ini merupakan virus yang dibawa oleh nyamuk dengan penyebaran yang cepat dengan angka presentase kematian mencapai 50 persen, diharapkan masyarakat dapat mencegahnya secara dini," tutupnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline