Inilah Kondisi Pedagang Pasar Senapelan Usai Sepekan Digusur

RAzia-Satpol-PP.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Usai sepekan lalu ditertibkan, pedagang kaki lima di Pasar Senapelan Pekanbaru mulai isi lapak kios yang berada di Pasar Higienis yang lokasinya juga berada di jalan Teratai. Pasar baru yang jumlah kiosnya sebanyak 150 lapak sebagian besar sudah mulai terlihat terisi. Hanya sebagian lapak saja yang masih terlihat kosong.

 

Pembeli juga mulai ramai melakukan transaksi jual beli di pasar yang baru berjalan sekitar sebulan lalu ini. Ada 120 kios yang diperuntukkan untuk penjual sayur mayur dan 30 kios untuk pedagang segala macam jenis ikan laut dan sungai.

 

Meski begitu, beberapa pedagang masih keluhkan sepinya transaksi jual beli di pasar baru ini meski sudah sebulan berdagang. Bahkan, hal tersebut tak banyak berubah usai penggusuran dilakukan oleh Pemko Pekanbaru pada pedagang di trotoar jalan yang jadi sebab utama kemacetan di Jalan Teratai.

Baca Juga: Usai Gusur PKL, Firdaus Tak Khawatir Tak Dipilih Pedagang Pasar

 

"Pembeli kebanyakan masih membeli di luar pasar ini. Karena asih ada beberapa pedagang yang berjualan di toko mereka. Jadi pembeli tentu memilih yang dekat," kata seorang pedagang sayur, Azmi, Selasa sore, 27 September 2016.

 

Dirinya yang tiap hari berjualan bersama istrinya mengaku heran mengapa pembeli masih mau membeli di sana padahal Pemko Pekanbaru sudah mengimbau pembeli untuk berpindah ke Pasar Higienis.

 

"Pemerintah setengah-setengah membuat kebijakan. Harusnya pembeli juga dilarang membeli pada pedagang yang tak taat aturan. Jangan cuma pedagang saja yang disalahkan," keluh Ismi, istri Azmi yang berjualan buah-buahan.

Klik Juga: Penertiban PKL di Pasar Senapelan Berlangsung Ricuh

 

Azmi dan pedagang lainnya mengaku, mereka jauh lebih nyaman berdagang di pasar baru tersebut. Alasannya selain tak perlu khawatir dikejar-kejar Satpol PP, mereka juga tak perlu berpeluh panas dibawah terik matahari atau khawatir hujan yang kapan saja bisa turun.

 

"Selain itu disini memang jauh lebih bersih dan enak dilihat. Lebih teratur juga," kata Sihotang, pedagang lainnya.

 

Mereka para pedagang Pasar Higienis, baik yang berjualan sayur, buah dan ikan berharap Pemko Pekanbaru benar-benar mendorong masyarakat pembeli untuk membeli di pasar.

 

"Kalau ini masih dibiarkan, bisa saja kita semua bakal keluar lagi karena di sini makin sepi," tandas Azmi.

Lihat Juga: Ini Alasan Pedagang Pasar Teratai Menolak Direlokasi

 

Sementara itu, di trotoar jalan Teratai sejak pagi hari pukul 08.00 wib pagi hingga pukul 5.00 wib sore, satuan kepolisian dan Satpol PP berjaga disekitar lokasi pasar Kodim dan Teratai tersebut. Dua satuan ini bertugas menertibkan apabila ada pedagang nakal yang masih nekat berjualan di trotoar jalan.

 

Hasilnya, selama sepekan ini jalan tersebut bersih dari pedagang liar dan kendaraan pun terlihat lancar. Padahal biasanya, jam berapapun, jalan tersebut selalu sulit dilalui karena padanya pedagang yang tumpah ke jalan.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline