Ini Penyebabnya Penumpang Bandara SSKII Masih Ramai Pasca Lebaran

Bandara-SSK-II-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Hingga akhir pekan ini, transportasi udara akan mengalami lonjakan penumpang karena masih banyak pelajar dan mahasiswa yang menghabiskan liburan hingga jadwal belajar mengajar yang baru dimulai pekan depan.

 

Ridwan, Sekretaris Airline Operators Comitte Pekanbaru mengatakan pihak maskapai masih harus menghadapi lonjakan penumpang. Karena masih banyak mahasiswa dan pelajar yang melanjutkan liburan semester hingga akhir pekan ini. AOC mencatat level Load Factor Seat (tingkat isian) meningkat pada Selasa (12/7/2016) dengan pencapaian 98%. Kondisi ini akan terus terjadi hingga akhir pekan.

 

“Masih banyak sekolah yang baru melanjutkan pelajaran pada pekan depan. Begitu juga dengan jadwal perkuliahan di Kampus. Artinya, peak season masih berlanjut,” katanya, Rabu (13/7/2016). (KLIK:Pasca Lebaran, Penumpang di Bandara SSK II Lebih Ramai)

Kondisi peak season dalam pekan ini diprediksi lebih ramai saat puncak arus mudik dan arus balik. Beberapa maskapai mencatat load factor seat di bawah 80% saat H-7 sampai H+7, sedangkan pekan ini LFS berada pada level maksimal di atas 95%. Usai pekan ini, penerbangan akan mengalami low season hingga akhir tahun.

 

Ridwan yang juga Diirect Sales Maneger Citilink Pekanbaru itu mengatakan pihak maskapai juga masih  harus bekerja ekstra untuk menghadapi lonjakan penumpang. Pihak maskapai juga memperhatikan pelayanan, meningkatkan level On Time Performance di masa itu. (BACA: Soal Sampah, PT MIG: Pemko Pekanbaru Jadikan Kami Kambing Hitam)

 

Senada dengan itu, General Maneger Garuda Indonesia (GIAA) Pekanbaru Refki Riyantori mengatakan kondisi peak season akan terus berlanjut hingga akhir pekan. Namun, dia mengklaim, GIAA mencatatkan Load Seat Factor berada pada level tertingi 100% saat arus mudik dan arus balik lebaran.

 

“GIAA masih fokus mengatasi lonjakan penumpang hingga akhir pekan. LFS level maksimal akan bertahan hingga akhir pekan ini,” katanya.