Mabuk Perjalanan Saat Mudik? Begini Cara Mengatasinya

Mabuk-Perjalanan.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Hari raya Idul Fitri 1437 hijriah tinggal beberapa hari lagi. Mudik menjadi ritual wajib bagi kebanyakan warga Indonesia. Namun, keluhan mual, pusing dan kembung menjadi keluhan yang sangat mengganggu perjalanan mudik. Gejala-gejala itu biasa disebut mabuk perjalanan.

 

Dalam dunia medis mabuk perjalanan disebut dengan motion sicknees, yaitu suatu kondisi saat seseorang merasa pusing, kembung, mual dan muntah selama perjalanan darat, laut, maupun udara.

 

Anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter.com, dr. Jessica Florencia menjelaskan kondisi tersebut terjadi ketika ada perbedaan informasi yang diterima antara mata dan bagian telinga yang menjadi tempat kendali keseimbangan.

 

"Ini menyebabkan otak menerima informasi yang berbeda sehingga dapat memicu perasaan pusing, kembung, mual dan muntah," kata Jessica.

BACA JUGA: Ingin Mudik Aman dan Lancar? Ini Tipsnya

 

Lalu, bagaimana mengatasi mabuk perjalanan agar mudik lebih nyaman? Beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan antara lain:

 

1. Usahan agar gerakan tubuh dan kepala dijaga seminim mungkin. Sebaiknya gunakan ganjalan leher atau bantalan kepala agar kepala Anda tidak terlalu banyak bergerak.

 

2. Pastikan agar pandangan mata terfiksasi pada obyek yang stabil. Hindari membaca atau bermain karena dapat membuat gejala semakin parah. Manutup mata juga dapat membantu mengurangi gejala.

 

3. Bernapaslah dengan udara segar. Membuka jendela atau mencari udara segar ke dek kapal akan membantu mengurangi gejala. Hindari udara yang terlalu dingin atau terlalu panas.

 

4. Relaksasi dengan mendengarkan musik atau menenangkan diri dengan teknik bernapas dalam juga dapat membantu.

 

5. Hindari makan terlalu kenyang atau minum terlalu banyak

 

6. Tetap tenang dan rencanakan perjalanan Anda sejak jauh hari agar terhindar dari kekhawatiran atau hirup pikuk perjalanan yang terburu-buru dan tidak terencana.

 

Kemudian, obat apa sebaiknya diminum untuk mengatasi mabuk perjalanan di mobil?

KLIK JUGA; Polda Riau Gunakan Drone untuk Pantau Arus Mudik

 

Jika Anda termasuk kelompok orang yang sering mabuk perjalanan berat, sebaiknya konsumsilah obat-obatan yang dianjurkan dokter. Namun, perlu diketahui penyerapan oba-obatan tidak baik bila Anda sudah mengalami gejala, sebab proses pencernaan sedang terganggu. Pastikan obat-obatan tersebut diminum sebeblum memulai perjalanan.

 

Selain obat-obatan, jahe juga dapat digunakan untuk mengatasi rasa mual muntah. Berbagai produk jahe dapat dikonsumsi untuk memberikan rasa nyaman dan mengurangi gejala.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline