Ianonne Mendapat Hukuman Usai Tabrak Lorenzo

Andrea-Ianonne.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Pebalap Ducati Andrea Iannone harus menerima sanksi tegas dari otoritas MotoGP lantaran menabrak pebalap Movistar Yamaha Jorge Lorenzo pada ajang MotoGP Catalunya, Spanyoll, Minggu, 5 Juni 2016. Iannone diberikan hukuman mulai balapan di posisi terakhir pada balap berikutnya di MotoGP Assen, 26 Juni 2016 mendatang.


Seperti dilansir Autosport, insiden tersebut terjadi di lap ke-16. Motor Iannone menabrak ban belakang motor Lorenzo. Braaak! Tabrakan terjadi dan Lorenzo maupun Iannone terjatuh hingga meluncur ke pinggir sirkuit. Insiden itu membuat keduanya tak bisa melanjutkan balapan.

 

Lorenzo sangat marah kepada Iannone atas insiden itu. Sementara Iannone coba meminta maaf kepada Lorenzo saat berjalan hendak meninggalkan lintasan. Kecelakaan itu membuat Lorenzo kehilangan posisi puncak klasemen pembalap sementara. Juara dunia MotoGP 2015 merosot ke posisi kedua dengan poin 115, 10 angka di belakang pembalap Repsol Honda Marc Marquez yang finis kedua. (KLIK: Rossi Kangkangi Marquez dan Lorenzo di Kandang Sendiri, Spanyol)

 

Ini merupakan kali kedua Iannone terlibat dengan pembalap lain sepanjang MotoGP 2016. Sebelumnya, pembalapn asal Italia itu menabrak rekannya sendiri, Andrea Dovizioso pada ajang MotoGP Argentina di Sirkuit Autodromo Termas de Rio Hondo, 3 April lalu.

 

Di lap terakhir, tepatnya di tikungan ke-13 Iannone coba menyalip Dovizioso dengan cara yang sedikit nekad. Alhasil keduanya justru bertabrakan dan gagal menguasai podium di bawah Marquez yang menjadi juara. Akibat tindakannya itu, Iannone dihukum penalti tiga posisi lebih rendah di balapan selanjutnya.

 

Dalam balapan di Catalunya, Pebalap Italia yang memperkuat Tim Yamaha Movistar, Valentino Rossi, mampu mengangkangi dua pebalap Spanyol untuk bertekuk lutut di kandang sendiri, Sirkuit De-Catalunya, Barcelona, Spanyol, Minggu, 5 Juni 2016. (LIHAT: Rossi Persembahkan Kemenangan Untuk Mendiang Luis Salom)

 


Start dari posisi kelima dibelakang Marquez, Lorenzo, rekan setimnya, serta pebalap Honda, Dani Pedrosa dan Hector Barbera dari Avintia Ducati, ternyata tidak menggentarkan Rossi untuk memacu sekencang-kencangnya untuk berada di depan duo Spanyol tersebut.

Sejak awal star, Rossi sudah menempel ketat di awal-awal laga berlangsung. Pada lap 1, rekan setimnya, Lorenzo berada di posisi pertama, disusul duo Repsol Honda, Marquez dan Pedrosa. Pada posisi keempat, Rossi mampu naik setingkat. (Liputan6.com)