Benarkah Menopause Menimpa Laki-laki

Pisang-Dipotong.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Benarkah ada menopause menimpa laki-laki? Ternyata sama sekali tak ada. Yang benar adalah terjadinya penurunan kadar testosteron pada pria secara perlahan-lahan rata-rata 1 persen per tahun sejak usia di atas 30 tahun. 

 

Perubahan kadar hormon merupakan bagian dari proses alami penuaan. Pada pria, perubahan tersebut terjadi secara bertahap, dalam beberapa tahun.

 

Istilah menopause pria kadang digunakan untuk mendeskripsikan penurunan kadar testosterone atau reduksi bioavailibilitas testosteron berkaitan dengan proses penuaan. 

 

(Baca Juga: Jangan Anggap Remeh Gatal-gatal di 5 Area Vital Laki-laki Ini

 

Efeknya, kata dr Puti Naindra Alevia, Anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter.com, adalah perubahan pada fungsi seksual, level energi atau mood yang terjadi tanpa disadari selama bertahun-tahun.

 

"Dokter-dokter menggunakan istilah andropause untuk mendeskripsikan perubahan hormon ini. Istilah lain adalah defisiensi testosteron dan defisiensi androgen, atau hipogonadisme awitan lambat," tuturnya. 

 

Kadar testosteron pada pria bervariasi. Secara umum, pria lebih tua memiliki kadar testosteron lebih rendah dibandingkan laki-laki muda. Kadarnya turun sekitar 1 persen per tahun di atas usia 30 tahun. Pada usia 70 tahun, penurunannya sudah mencapai kira-kira 50 persen.

 

Pada beberapa pria, kadar testosteron yang rendah tersebut tidak menimbulkan tanda dan gejala. Bila ada, gejalanya antara lain:

 

- Perubahan fungsi seksual: disfungsi ereksi, penurunan libido, dan infertilitas. Ukuran testis juga dapat mengecil.

- Perubahan pola tidur: insomnia, sering mengantuk.

- Perubahan fisik, berupa peningkatan lemak tubuh, penurunan massa, kekuatan, dan daya tahan otot, dan penurunan kepadatan tulang; pembesaran payudara (ginekomastia) dan hilangnya bulu tubuh.

- Perubahan emosi berupa penurunan motivasi dan kepercayaan diri, merasa sedih atau depresi, serta sulit konsentrasi.

 

Konsulkanlah dengan dokter Anda bila Anda memiliki kadar testosteron yang rendah.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline