Punya Badan Kurus Bukan Berarti Lemak Tak Menumpuk

Anak-Kurus.jpg

RIAU ONLINE - Punya tubuh kurus bukan jaminan lemak visceral Anda tak menumpuk. Karena dalam tubuh orang yang kurus sekalipun, lemak tetap ada dan berpotensi menumpuk pada organ lainnya. Seperti jantung, paru-paru, hati dan lain-lain.

 

Jika berlebihan, lemak visceral dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Berlebih atau tidaknya tentu bergantung juga dari faktor genetik, gaya hidup, dan seberapa aktif Anda.

 

Anda yang bertubuh kurus dan menjaga pola makan namun tidak berolahraga, dapat pula berisiko untuk mengalami penumpukan lemak visceral. Jadi kuncinya adalah Anda harus bergerak aktif.

 

BACA JUGA : Bahagia dengan Pasangan Bisa Bikin Gemuk

KLIK JUGA : Bupati Bengkalis: Ada Petinggi Perusahaan Jadi Tersangka Pembakaran Lahan

 

Sementara, bagi yang berperut buncit, coba periksa lemak visceral dalam tubuh Anda. Jika lingkar pinggang berlebih, sebaiknya lakukan empat hal ini :

 

Olahraga

Olahraga dapat membantu memangkas lemak yang ada di dalam tubuh, termasuk lemak visceral. Usahakan untuk melakukan olahraga intensitas sedang minimal 30 menit selama 5 kali per minggu. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang sulit atau mahal, selain itu olahraga tidak berarti Anda harus pergi ke gym. Anda bisa melakukan olahraga sederhana seperti jogging atau berjalan cepat di kompleks perumahan Anda.

 

Diet

Memang tidak ada satupun jenis diet yang dikhususkan untuk mengecilkan perut buncit. Meski demikian, usahakan untuk mengonsumsi serat secara cukup setiap harinya. Berdasarkan riset, orang yang mengonsumsi serat larut sebanyak 10 gram setiap hari akan lebih sedikit terbentuk lemak visceral dibandingkan dengan yang tidak. Serat sebanyak 10 gram setara dengan 2 buah apel berukuran kecil.

 

Waktu tidur

Suatu studi menyebutkan bahwa orang yang tidur selama 7-8 jam sehari selama 5 tahun berisiko lebih rendah mengalami penumpukan lemak visceral dibandingkan dengan mereka yang tidur hanya kurang dari 5 jam per hari.

 

Hal ini dikarenakan beberapa hormon bekerja lebih baik saat kita tidur di malam hari. Jika siklus tidur terganggu, siklus hormonal pun akan terganggu dan Anda lebih berisiko mengalami penumpukan lemak.

 

 

Stres

Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Bagaimana Anda menangani stres tentu berbeda-beda pada setiap orang. Yang pasti, stres dapat memicu peningkatan hormon kortisol dan pada akhirnya hal ini bisa berujung pada kegemukan. Anda bisa melakukan berbagai cara untuk menangkal stres seperti melakukan meditasi, relaksasi, berkumpul dengan teman dan keluarga, dan sebagainya.