Bengkalis dan Meranti Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan

Kebakaran-Lahan-di-Rimbo-Panjang.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dua kabupaten di Riau, Kabupaten Bengkalis dan Kepulauan Meranti, sudah menaikkan status dalam tanggap darurat menghadapi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau menjadi Siaga Darurat Pencegahan Karhutla. 

 

Peningkatan kenaikan status dua kabupaten tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger mengatakan Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Kepulauan Meranti telah menetapkan status Siaga Darurat Pencegahan Karlahut.

 

Edwar Sanger menjelaskan, peningkatan status ini dilakukan usai sepekan belakangan, kedua kabupaten tersebut mengalami lonjakan titik api dan lonjakan kasus Karhutla. 

 

"Hari ini secara resmi kita dapat pemberitahuan dari Pemkab Bengkalis dan Kepulauan Meranti, kedua daerah mereka ditingkatkan statusnya menjadi Siaga Pencegahan Karhutla," ujar Edwar kepada wartawan, Senin, 29 Februari 2016. 

 

(Baca Juga: Faktor Sengaja, Lahan Lima Kecamatan di Bengkalis Terbakar

 

Ia menjelaskan, Selasa, 1 Maret 2016, rencananya Tim Satgas Siaga Karhutla Riau akan melakukan rapat koordinasi guna membahas peningkatan status ditetapkan dua kabupaten. Edwar mengatakan, akan mengumpulkan seluruh elemen terkait mulai dari BMKG dan lainnya.

 

"Dengan adanya penetapan status ini kita provinsi akan lebih mudah melakukan koordinasi dan pemberian bantuan terhadap daerah mulai dari logistik dan peralatan pemadaman api yang dibutuhkan," jelasnya. 

 

Mengenai rencana peminjaman helikopter diajukan BPBD Riau, BNPB Pusat menolak permohonan tersebut karena beralasan Riau tak memiliki alasan krusial untuk diberikan bantuan heli. Penyebabnya, pemunjaman helikopter baru diberikan jika daerah itu harus sudah siaga darurat bencana.

 

"Setelah kita dapat penetapan status dari 2 kabupaten ini, itu sudah cukup ntuk kita buat laporan dan keterangannya dan kita akan ajukan keterangan ini untuk melakukan peminjaman heli," tandasnya.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline