Jadwal Pelantikan 5 Kepala Daerah di Riau Belum Pasti

Pilkada-Serentak-Riau.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman hingga kini belum menerima jadwal pasti waktu pelantikan kepala daerah di lima kabupaten di Provinsi Riau.

 

 

"Kemarin di Jakarta kita ketemu dengan Pak Mendagri, katanya sampai sekarang memang belum dijadwalkan untuk pelantikan kepala daerah yang tersisa," ujar Andi Rachman, sapaan akrab Arsyadjuliandi Rachman, Jumat (26/2/2016).

 

BACA JUGA : 5 Pasang Kepala Daerah Terpilih Ini akan Dilantik Bulan Juni

 

Daerah kabupaten yang belum dilantik bupati dan wakil bupatinya usai penetapan pemenang Pilkada serentak pasca diputus Mahkamah Konstitusi (MK) adalah, Kabupaten Siak, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Pelelawan dan Kuantan Singingi. "Kemarin MK kan baru memutuskan Kuansing, tinggal ditunggu saja," katanya.

KLIK JUGA : Muhammadiyah Riau Gelar Pengobatan untuk Korban Banjir Kampar

 

Sementara itu menurut Kepala Biro Tata Pemerintahan Sekdaprov Riau, Rahima Erna mengatakan sebelumnya Kemendagri telah mewacanakan adanya gelombang kedua pelantikan kepala daerah yang rencananya akan dilaksanakan pada Maret mendatang. Namun kendalanya, untuk di Riau, Akhir Masa Jabatan (AMJ) kepala daerah terdekat adalah Bupati Rohil, Suyatno dan Bupati Pelalawan, HM Harris.

 

"Masalahnya sekarang apakah bisa pelantikan kedua kepala daerah itu akan ditarik lebih awal sebelum masanya habis, rasanya tidak mungkin. Jika langkah itu tetap dilakukan, tentu akan melanggar aturan yang berlaku. Karena telah memotong AMJ seseorang," terang Rahima Erna ketika ditemui.

 

Namun berdasarkan informasi yang didapat dari pihak Kemendagri, Rahima menuturkan, kemungkinan besar pelantikan susulan kepala daerah di Riau akan dilakukan secara serentak pada bulan Juni mendatang. "Itu kemungkinan paling logis. Tapi karena semuanya bisa berubah begitu saja jadwal itu belum bisa dipastikan," tandas Rahima.