Mau Minum Susu Organik? Pastikan Dulu Hal Ini

Susu-Organik.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE JAKARTA - Sayur organik, daging organik, ayam organik. Semua produk makanan yang berlabel organik kerap dianggap lebih sehat. Bahkan, saat ini, minuman susu juga ada yang organik. Namun, bagaimana susu bisa dikatakan organik?

 

Menurut ahli gizi, Emilia Achmadi di Jakarta, Selasa (16/2/2016), membahas susu organik harus bicara tentang kondisi hidup sapi yang menghasilkannya. Termasuk bagaimana pakannya, air sampai kualitas udara. Artinya, susu organik bukan semata produk susu yang tidak diolah.

 

Emil mengatakan, dari sisi nutrisi yang dihasilkan produk susu organik dan tidak, sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya saja, perbedaannya yaitu terletak pada ada atau tidaknya kandungan bahan kimia.

 

Menurut Emil, susu yang mendekati proses organik adalah susu segar yang diolah dengan pasteurisasi. Sebab, proses tersebut memperhatikan bagaimana makanan dan minuman yang sehat untuk sapi hingga menjaga kualitas udara atau lingkungan area peternakan.

 

Sejauh ini, kebanyakan orang mengenal organik, misalnya hanya sebatas penanaman buah atau sayuran tanpa menggunakan pestisida. Padahal, untuk menjadi benar-benar organik sebenarnya tak sesederhana itu. Ada sertifikasi sesuai standar ketika suatu produk dinyatakan organik.