Makan Lemak Bikin Gemuk? Jangan-jangan Cuma Mitos

langsing-diet-olahraga.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Mau diet? hindari makan berlemak. begitu yang sering orang awam dengar. Bahkan, beberapa mitos berkembang terkait lemak yang dipercaya membuat tubuh tumbuh subur. Tapi tahukah kita, jika lemak ternyata juga dibutuhkan oleh tubuh.

 


Sebelum percaya dengan sejumlah mitos itu, sebaiknya anda tahu hal-hal ini,

 


1. Berat badan bertambah kalau makan lemak
Dibandingkan karbohidrat dan protein, kandungan kalori dalam lemak tiap gramnya memang lebih tinggi. Tapi, jika mengkonsumsi lemak yang tepat, justru bagian dari pola makan sehat yang tak akan membuat anda gemuk.

 

 

Lemak dicerna oleh tubuh lebih lambat daripada karbohidrat. Lemak juga dapat merangsang pelepasan hormon rasa kenyang sehingga mencegah anda makan berlebihan. Selain itu, lemak juga berperan dalam berbagai fungsi vital di dalam tubuh, mulai dari regulasi hormon hingga fungsi otak.

 


Tapi, pilih dulu jenis lemak yang baik untuk tubuh anda. Disamping itu, hindari mengonsumsi lemak berlebihan.

 


2. Mentega tak baik untuk kesehatan tubuh
American Journal of Clinical Nutrition mempublikasikan studi bahwa konsumsi mentega dalam kadar yang cukup merupakan bagian dari pola makan sehat. Tapi, hasil studi ini jangan pula menjadi alasan memakai mentega di tiap makanan anda.

 


3. Makan telur, kolesterol tinggi
Tak sedikit orang takut makan telur karena khawatir kolesterolnya tinggi. Padahal, kandungan kolesterol di tiap sebutir telur jauh lebih rendah dibanding kebutuhan kolesterol sehari-hari. Di tiap butir telur, kandungan kolesterolnya hanya 212 mg. Sementara yang dianjurkan untuk tubuh 300 mg.

 


Meski demikian, sebaiknya jangan mengonsumsi telur lebih dari 3-5 butir seminggu. Sementara, anak-anak diperbolehkan makan hingga 6 butir telur per minggu untuk memenuhi kebutuhan protein demi tumbuh kembangnya.

 


4. Diet? Hindari semua jenis daging
Mitos ini tak sepenuhnya salah. Tapi perlu disempurnakan dengan menghindari konsumsi daging yang sudah diproses. Seperti sosis, nugget atau daging olahan lainnya. Karena makanan olahan tersebut tinggi kadar garam dan tak baik untuk kesehatan.

 


5. Konsumsilah minyak zaitun
Minyak zaitun merupakan lemak tak jenuh rantai tunggal yang punya berbagai manfaat untuk kesehatan. Namun, saat berdiet jangan membatasi diri pada minyak zaitun saja. Dari kacang - kacangan, alpukat dan salmon, anda juga bisa mendapatkan lemak baik.