Aktual, Independen dan Terpercaya


Matahari Kemenangan, Klaim Al-Qaidah, akan Terbit di Nusantara

Ayman-al-Zawahiri.jpg
(Ap)

RIAU ONLINE - Sehari sebelum peledakan dan tembak-menembak di sekitar kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2016), petinggi Al-Qaidah, Ayman al-Zawahiri, telah memperingatkan aparat keamanan dan pemerintah Indonesia. 

 

Peringatan tersebut disampaikannya dalam bentuk pesan audio, Rabu (13/1/2016), dengan diberi judul Matahari kemenangan akan terbit dari Nusantara. (Baca Juga: Perwira Polisi Ini Trauma Usai Tembak-menembak di Sarinah

 

Pesan audio yang dipantau Tim BBC Monitoring berisi seruan kepada kaum Muslim di Asia Tenggara, terutama di Indonesia, untuk menyerang kepentingan Amerika Serikat dan sekutu mereka.

 

Dalam pesan ini al-Zawahiri beberapa kali menyebut kata Nusantara selain juga Indonesia. Ia menekankan, pentingnya front jihadis di Asia Tenggara terdiri dari Indonesia, Filipina, dan Malaysia.

 

Belum begitu jelas apakah pesan ini terkait dengan serangan di pusat keramaian Sarinah, tadi siang, dengan menewaskan tujuh orang, lima di antaranya adalah tersangka pelaku. (Klik Juga: Lima Polisi Tertembak dalam Tragedi Sarinah Berdarah

 

Dilansir dari bbcindonesia, Tim di BBC Monitoring mengatakan, ada kemungkinan pesan ini ditujukan guna mengurangi pengaruh kelompok menamakan diri Negara Islam (ISIS) di Asia Tenggara.

 

Beberapa kelompok di Filipina Selatan sudah menyatakan kesetiaan ke ISIS, sementara ratusan warga Indonesia diperkirakan bergabung dengan ISIS di Suriah atau Irak.

 

Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Ansyaad Mbai, mengatakan banyak dari 'para jihadis' sudah kembali, sebagian besar "tak bisa lagi dilacak ketika kembali" ke Indonesia.