Waspada, BMKG Prediksi Kemarau Mulai Januari-Oktober 2016

Asap-Selimuti-Masjid-Agung-An-Nur.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mengimbau masyarakat untuk bersiap menghadapi musim kemarau panjang bakal tiba awal tahun 2016 mendatang.

 

Kemarau panjang ini sudah diprediksi oleh BMKG Pekanbaru sejak beberapa bulan lalu, ketika asap menyelimuti Riau selama tiga bulan lebih berlangsung. Menurut BMKG, kemarau pada 2016 mendatang akan berlangsung hingga Oktober. (Baca Juga: Jambi Jadi Provinsi Pertama Miliki Rancangan Perda Karhutla

 

"Kita semua harus bersiap karena kita akan mengalami musim kemarau panjang akan memasuki musimnya pada Januari mendatang. Ini akan panjang seperti terjadi pada tahun ini," ungkap Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin, Senin (21/12/2015).

 

Sementara itu, mengenai titik rawan api yang ada di Riau, Sugarin menjawab, titik api relatif sama di seluruh Riau. Namun, Sugarin mengatakan hal itu tak akan menjadi api jika tak ada yang melakukan pembakaran.

 

"Titik api itu akan ada kalau ada yang membakarnya. Hasil kita di lapangan selama ini jelas kok, titik api itu karena memang ada yang membakar. Tak akan bisa api itu tiba-tiba muncul begitu saja," ujar Sugarin. (Klik Juga: Satu Lagi Direksi PT LIH Dinyatakan Tersangka

 

Ia menjelaskan, tak akan ada keterkaitan antara musim kemarau dan masalah kebakaran di Riau jika tak ada pelaku pembakaran.

 

"Intinya tak akan ada kebakaran kalau tak ada yang membakar. Kalau dibandingkan dengan daerah lain memiliki karakteristik tak jauh beda itu tak terjadi apa-apa karena memang tak ada yang membakar," tandasnya.


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline