Finlandia Berharap Tuan Rumah MotoGP 2017

Ianonne-dan-Rossi-Berpacu.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, HELSINKI – Sejak 1982 MotoGP tak lagi melakukan balapan di Finlandia, dan potensi negara kawasan Skandinavia itu kembali ke MotoGP kian besar pada 2017. Dorna, penyelenggara MotoGP melihat indikasi kuat Finlandia kembali dalam kalender MotoGP setelah mereka serius membenahi Kymi Motorsports Park.

 

Sirkuit yang dibangun dengan kekuatan finansial yang mumpuni berada 110 kilometer di timur utara ibu kota Finlandia, Helsinki dan memiliki panjang trek 4,8 kilometer. Sirkuit itu direncanakan finis pada 2016 dengan nama Kymi Ring.

 

Keinginan Finlandia kembali menggelar ajang balap motor bergengsi dunia itu tak lepas dari persaingan negara lain yang juga ingin melakukannya seperti Indonesia dan Thailand. Terutamanya GP Brno yang masih dapat dicoret dari kalender MotoGP 2017. (BACA JUGA: Beda Negara, Bos Yamaha Ini Netral Persaingan Lorenzo - Rossi)

 

Pekerjaan Finlandia terlihat dari keseriusan mereka memiliki rencana lengkap serta tim yang bekerja sangat profesional untuk mewujudkannya. Hal itu diakui langsung oleh Ketua Dorna, Carmelo Ezpeleta yang berbicara kepadaSpeedweek (21/12/2015).

 

“Orang Finlandia bekerja sangat profesional, mereka semua memiliki rencana dan dokumen yang memang kami inginkan, file yang tersusun rapi dan disampaikan dengan jelas,” ucap Ezpeleta.(BACA: Perseteruan Rossi - Marquez Disebut Baik Untuk Popularitas MotoGP)

 

GP Finlandia sendiri dicoret sejak 1982 karena lokasi sirkuit berada di daerah yang berbahaya dan berada di jalan Imatra, yang berlokasi hanya empat kilometer dari perbatasan Rusia.

 

ukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline