Plt Gubernur Riau akan Anggarkan Dana Untuk Sekat Kanal

 

RIAUONLINE, PEKANBARU – Plt Gubernur Riau, Arsyajuliandi Racman berjanji akan menganggarkan dana untuk pembuatan sekat kanal di beberapa kabupaten/kota di Riau pada APBD-P mendatang. Hal tersebut disampaikan gubernur pada pertemuan antara Forkopimda bersama Satgas Siaga Darurat Bencana Asap Riau di Posko Satgas Siaga Darurat Asap di Lanud Roesmin Nurjadin, Jumat (4/9/2015).


Menurut gubernur, itu dilakukan sebagai ganti ditolaknya anggaran dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebesar Rp15 miliar untuk membangun sekat kanal yang ada di Riau.


“Anggaran 15 miliar rupiah itu bukan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melainkan dari BNPB,” kata Gubernur.


Pembangungan sekat kanal dianggap penting karena kanal telah menyebabkan lahan gambut menjadi kering. Bila gambut kering, maka akan rentan terbakar.

 

Rencananya sekat kanal akan dibangun di beberapa daerah pesisir seperti, Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Pelelawan dan Dumai.


“Yang jelas kita akan mengusulkan agar dapat dimasukkan dan disahkan dalam APBD-P. Kalau sudah jelas anggarannya, baru kita akan lakukan pembangunannya,” tandas Arsyajuliandi Rachman.

-->