Riau Belum Layak Tanggap Darurat

ISPU.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/WINAHYU)

 

RIAUONLINE, PEKANBARU – Tim Satgas Siaga Darurat Bencana Asap Riau belum menaikkan status Siaga Darurat menjadi Tanggap Darurat. Menurut Kepala Tim Satgas, Arsyajuliandi Rachman yang juga Plt Gubernur Riau, Riau belum bisa dinaikan statusnya menjadi tanggap darurat karena belum memenuhi kriteria status tersebut.



“Hingga saat ini, Tim Satgas masih belum bisa menaikkan statusnya dari Siaga menjadi Tanggap,” ucap Andi Rachman dalam pertemuan di Posko Satgas Darurat, Jumat (4/9/2015).



Secara nyata, pencemaran udara di Pekanbaru sudah berada pada level berbahaya. Indeks Standar Pencemaran Udara sejak sore kemarin menunjukkan tingginya PM 10 hingga ke taraf bahaya.



Dijelaskan perwakilan Badan Lingkungan Hidup dalam pertemuan Forkopimda beserta dengan Tim Satgas Siaga Darurat Bencana Asap Riau di Posko Satgas Darurat, status yang direkam oleh ISPU merupakan faktor penentu dalam pengambilan kebijakan bagi pemerintah dan Satgas.



Sejak Selasa (1/9/2015) Siswa SD, TK dan PAUD sudah diliburkannya. Siswwa SMP, SMA juga sudah diliburkan mulai Kamis, kemarin. Hingga kini mereka belum bisa menjalankan aktivitas belajar di sekolah karena kondisi udara memburuk. Libur akan diperpanjang hingga Senin mendatang, tergantung ketebalan asap dan kualitas udara.



Menurut Komandan Korem 031/ Wirabima, Brigjen TNI Nurendi yang juga menjadi komandan Satgas Asap, kriteria untuk menaikkan status belum terpenuhi. Namun kriteria seperti apa yang menjadi ukuran penetapan status Tanggap darurat, tidak ada penjelasan secara pasti.