Bandara Lumpuh Total, 43 Penerbangan Cancel

Kabut-Asap-Delay.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Bandar Udara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Pekanbaru lumpuh total tanpa ada pesawat satupun yang mendarat. Selain itu, hingga Jumat (4/9/2015) sore, pukul 17.30 WIB, setidaknya tercatat 32 penerbangan harus dibatalkan (cancel) baik kedatangan maupun keberangkatan. 

 

Dalam kondisi normal, Bandara SSK II melayani 43 penerbangan terjadwal setiap harinya. Akibat pembatalan keberangkatan dan kedatangan dari serta menuju Pekanbaru itu, tak ayal terjadi penumpukan penumpang.

 

(Baca Juga: Ratusan Penumpang Citilink Antre Berjam-jam Ambil Refund

 

Selain itu, penumpang harus mengantre hingga tiga jam lebih hanya untuk menukarkan tiket mereka (refund) atau menjadwalkan ulang keberangkatan.

 

Penumpukan ini sangat terlihat di depan pintu pelayanan pelanggan (Customer Service) Bandara hendak melaporkan batalnya keberangkatan pesawat mereka. Sedangkan sebagian sisanya mengalami delay yang belum mendapat kepastian kapan akan diberangkatkan.

 

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID di Bandara SSK II, para penumpang sudah mengular untuk mengantre satu per satu menuju layanan penumpang sejak pukul 12.00 WIB.

 

(Klik Juga: Kebakaran Hutan, Presiden Jokowi Akan ke Riau

 

Penumpang berasal dari berbagai maskapai ini memanjang dari depan pintu CS hingga mendekati Information Center yang berada di lantai dasar bandara.



Hingga berita ini diturunkan, tumpukan penumpang masih terjadi di sekitaran bandara seperti di depan gate masuk dan keluar, pintu Customer Service, juga di beberapa tempat makan di foodcourt yang tersedia di beberapa lokasi bandara.

Staf Airport Duty Manager Bandara SSK Pekanbaru, Murniati, menjelaskan, lumpuhnya bandara ini akan berlanjut hingga malam hari.

 

(Baca: Riau Belum Layak Tanggap Darurat

 

“Melihat visibility (jarak pandang) yang sangat terbatas, kemungkinan besar semua penerbangan hari ini akan dibatalkan. Jarak terbaru kami terima itu masih di kisaran 500 meter saja dan itu jelas tidak memungkinkan untuk dilakukan penerbangan,” tuturnya. 



Ia menjelaskan, jika lebih dari pukul 15.00 WIB, kalau cuaca masih belum baik untuk melakukan aktivitas penerbangan, semua flight akan dibatalkan dan menunggu diatur ulang jadwalnya atau dikembalikan biayanya (refund). Pokoknya pilihan itu akan dikembalikan kepada calon penumpang.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline