Warga Malaysia Ini Raih Doktor Lingkungan di Unri

doktor-lingkungan.jpg
(Ulti Desi Arni)

RIAUONLINE, PEKANBARU – Datuk Moch Fathil bin Daud meraih gelar doktor lingkungan dari Universitas Riau. Jumat (14/8/2015). Fathil disebut warga Malaysia pertama yang mendapat gelar doktor ilmu lingkungan melalui ujian promosi di Unri dengan disertasi berjudul ‘Implementasi Konsep Islam dan Kebijakan Kerajaan Malaysia terhadap Lingkungan Wetland dan Tasik di putrajaya malaysia.

 

Dalam penelitian itu, ia menganalisa konsep islam mengenai lingkungan hidup serta mengetahui kebijakan kerajaan malaysia dan implementasinya terhadap Lingkungan Wetland dan Tasik di Putrajaya. Bagaiman nilai ekonomi di lingkungan Wetland dan Tasik di Putrajaya dari sisi pariwisata yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

 

“Dimana penelitian ini nantinya berguna untuk acuan bagi kalangan akademisi, tokoh-tokoh islam dan para politisi islam dalam mendesain kebijakan di bidang lingkungan Wetland dan Tasik di Putrajaya, Malaysia,” kata Wakil Raykat Bidang Politik, Palimen Serdang ini.

 

ketua sidang Prof. Dr. H. Zulkarnain, SE, MM mengungkapkan, Datuk Moch Fathil bin Daud merupakan mahasiswa tercepat dari sembilan mahasiswa lainnya yang meraih gelar doktor di prodi lingkungan dengan IPK 3.78 .

 

"Atas nama pimpinan UR saya sangat mengapresiasi sekali. Semoga banyak masyarakat Malaysia yang lainnya juga menempuh pendidikan di Indonesia khususnya di UR," ujarnya.

 

Datuk Moch. Fathil bin Daud sebelumnya menempuh pendidikan S-2 di UIN Suska lulus tahun 2011. Kemudian melanjutkan S-3 program studi doktor ilmu lingkungan diUnri.