Cuaca Buruk, Dua Kapal Feri Berpenumpang Tabrakan di Selat Panjang

Kapal-feri-tabrakan-di-selat-panjang.jpg
(Foto: Batamnews)

RIAU ONLINE, KARIMUN - Dua kapal feri mengalami kecelakaan laut di Pelabuhan Selat Panjang, WIB Senin 25 Desember 2023, pukul 11.00.

Kapal feri MV Dumai Line 3 dalam perjalanan menuju Bengkalis bertabrakan dengan MV Dumai Express 12 yang menuju Tanjung Buton. Diduga, kecelakaan disebabkan cuaca buruk.

Kejadian itu direkam sejumlah warga. Video yang beredar memperlihatkan bagian depan MV Dumai Line 3 menabrak sisik kapal Dumai Express 12, yang menyebabkan kerusakan serius pada dinding kapal yang bolong.

Menurut informasi yang dilansir dari jaringan RIAU ONLINEBatamnews, sebelum kecelakaan, kedua kapal berangkat dari Tanjung Balai Karimun, lalu transit di Selat Panjang, Kabupaten Kepulauan Meranti.


Apis, seorang warga yang menyaksikan kejadian itu mengungkap bahwa kondisi cuaca di wilauah tersebut saat itu tidak mendukung. Ada gelombang laut yang kuat.

"Kejadian terjadi saat kapal akan berangkat lagi dari Selat Panjang. Saat itu saudara saya sudah turun dari kapal," ungkap Apis.

Menurutnya, saat itu arus laut sangat kuat. Diduga kondisi cuaca ini yang menjadi faktor penyebab kecelakaan ini.

Sementara, penyelidikan lebih lanjut masih berlangsung untuk mengklarifikasi detil penyebab pasti kecelakaan dan mengevaluasi pelayaran di wilayah dengan kondisi cuaca ekstrem saat ini.