Dukung Penurunan Gas Emisi Rumah Kaca, Pemerintah Siak Support FoLU Net Sink

Alfedri43.jpg
(Tika Ayu/Riauonline)

RIAU ONLINE, SIAK-Dukung penurunan emosi Gas Rumah Kaca (GRK)  Indonesia, Pemerintah Daerah Siak support program Forest and Land Used (FoLU Net Sink) dengan manfaatkan Ekosistem Semenanjung Kampar dan Suaka Margasatwa Kerumutan, Jumat,  29 Juli 2022. 

 

Bupati Kabupaten Siak,  Alfedri mengatakan bahwa inisiatif GRK ini  sejalan dengan PERDA No. 4 Tahun 2022 tentang  Siak menjadi Kabupaten Hijau,  mengingat bahwa 36 persen kawasan ekosistem Semenanjung Kampar  berada di wilayah administrasi kabupaten Siak.

 

"Mempertegas komitmen pemerintah kabupaten untuk  kebijakan nasional capai net zero emissio, dengan pendekatan Indonesia FoLU Net Sink 2030,” kata Bupati Alfedri dalam sambutannya. 

 

Alfedri juga menambahkan bahwa dengan penerapan FoLU Net Sink ini pula, diharapkan ada dampak positif serta peningkatan kualitas lingkungan hidup akan  kesejahteraan masyarakat. 


 

 Tak hanya itu,   Direktur Eksekutif Perkumpulan Manka, Juliarta Bramansa Ottay  yang menyampaikan dalam jalankan komitmen FoLU, biodiversitas jadi salah  satu aspek penting dari   di semua tingkat dari pusat hingga daerah. 

 

"Sebab  ekonomi kita di tingkat makro hingga pola hidup masyarakat di sekitar hutan, semua bergantung dan memberi pengaruh pada biodiversitas,” kata Juliarta. 

 

 

 

Kemudian pendapat lain disampaikan oleh Direktur Eksekutif EcoNusantara, Zul Fahmi menuturkan bahwa tekanan publik pada sektor swasta telah mendorong lahirnya komitmen untuk menerapkan praktik  standard nasional dan internasional,  sehingga timbul kesadaran dari pihak berkepentingan akan kondisi hutan dan gambut di Riau.  

 

"Mengingat ekosistem gambut yang unik, maka penyelamatannya tidaklah optimal jika dilakukan secara sendiri-sendiri," katanya. 

 

Zul juga memaparkan bahwa  kondisi gambut merupakan hamparan yang terintegrasi secara hidrologis makan mulai dari pemerintahan, pemegang konsesi maupun masyarakat harus berkomitmen akan hal ini.