Banjir Rendam Ratusan Rumah di Rohul, Warga: Belum Ada Bantuan dari Pemerintah

Banjir-di-Rohul5.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, ROHUL - Banjir merendam ratusan rumah di tiga desa di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau. Hingga saat ini, Kamis 28 Desember 2023, air masih menggenangi rumah warga.

Sejumlah warga pun melakukan menyelamatkan barang berharga miliknya. Mereka mengaku belum ada bantuan dari pemerintah setempat.

"Kondisi air masih tinggi, satu meter lebih. Sampai saat ini belum ada bantuan dari pemerintah setempat," ujar Wati, warga Desa Talikumain, Kecamatan Tambusai, Rohul.

Wati mengaku dibantu kerabatnya untuk menyelamatkan barang berharganya ke tempat yang lebih aman dari banjir.

"Air belum menunjukkan tanda-tanda surut. Kami juga khawatir penyakit menular akan datang," pungkasnya.


Hal sama juga diungkapkan Dermawan, warga di Desa Pasir Pangaraian. Ia mengaku sampai saat ini banjir masih menggenangi rumahnya.

"Kondisi masih banjir dengan ketinggian air hingga 1 meter lebih. Bantuan dari Pemda juga belum ada," pungkasnya.

Banjir di Desa Pematang Barangan dan Desa Babussalam di Kelurahan Pasir Pangaraian, juga merendam pemukiman warga. Sebanyak 320 rumah dari tiga desa tersebut terdampak banjir hingga satu meter lebih.

"Ada 3 desa yang terendam banjir. Yakni Desa Babussalam, Kelurahan Pasir Pangaraian serta Desa Pematang Barangan. Dua lansia kita evakuasi dari rumah yang terendam banjir," ujar Kapolres Rokan Hulu, AKBP Budi Setiyono, Rabu, 27 Desember 2023.

Budi menyebutkan banjir tersebut akibat luapan air Sungai Batang Lubuh Kecamatan Rambah, Kabupaten Rohul, Riau.