Hampir Ambruk, Jembatan Penghubung Kota Lama-Muara Dilam Rohul Diperbaiki

Jembatan-penghubung-di-rohul.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, ROHUL - Jembatan penghubung antar desa yang berada di Sei Bukit Juragan, Kota Lama, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akhirnya diperbaiki. Jembatan ini sebagai penghubung dari desa ke Kecamatan Kunto Darussalam.

Alat berat mulai dioperasikan oleh para pekerja di lapangan, Minggu, 2 Juli 2023. Bahan baku seperti pasir, beton, tiang, dan lainnya mulai diolah, dikaitkan, satu per satu. Sungai pun mulai digali. 

Jembatan ini menghubungkan sebagian besar desa di Kunto Darussalam untuk menuju Kota Lama dan sebaliknya. Jembatan Sei Bukit Juragan ini berada di atas aliran anak Sungai Rokan, sehingga jembatan permanen tersebut tidak bertahan lama.

Sejumlah warga telah mengeluhkan jembatan yang sudah hampir ambruk itu, terutama di saat hujan. Pasalnya, jembatan yang sudah bergelombang akan digenangi air saat hujan. Belum lagi, jika dari Kota Lama ke Muara Dilam terdapat tanjakan membuat kendaraan banyak yang mengantre.


Selain bergelombang, jembatan tersebut juga berlubang. Pengendara perlu waspada saat melewatinya. 

"Untung lagi nggak musim hujan, jadi hanya berdebu dan lebih mudah dilewati meski sedikit mengantre," ucap pengendara bernama Sura.

Rekan perjalanannya yang akan menuju Kecamatan Ujungbatu yakni Reska berharap pengerjaan perbaikan Jembatan Sei Bukit Juragan berjalan lancar serta bahan-bahan untuk bangunan sesuai dengan perencanaan.

"Ini kan jembatannya di atas sungai, jadi harus benar-benar diperhatikan agar nggak mudah roboh," harapnya. 

Pada area jembatan itu, terdapat papan informasi bahwa anggaran pembangunan jembatan Sei Bukit Juragan dari APBD Rokan Hulu tahun anggaran 2023 senilai Rp 5.227.822.980.64. Proyek ini berlangsung sejak 3 Mei 2023.