Polda Riau Miliki Lahan 108 Ha di Kampar, 2 Ha Terbakar

Pemadaman-karhutla-di-desa-karya.jpg
(Dok. Manggala Agni)

RIAU ONLINE, KAMPAR - Dua hektare lahan miliki Polda Riau terbakar pada Selasa, 8 Agustus 2023. Luas lahan milik Polda Riau di Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, itu mencapai 108 ha.

Saat pemadaman, ditemukan pohon sawit di lahan yang terbakar tersebut. Diperkirakan sawit yang tumbuh berusia lebih dari 7 bulan.

Belum diketahui ada atau tidaknya unsur kesengajaan yang mengakibatkan lahan tersebut dilalap si jago merah.

Sementara saat ini, Kapolres Kampar, AKBP Ronald Sumaja, mengatakan pihaknya fokus pendinginan karena lahan tersebut lahan gambut. 

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, belum memberi keterangan terkait karhutla yang terjadi di Desa Karya Indah tersebut.


Sebelumnya, Manggala Agni telah melakukan pemadaman dengan bantuan mesin pompa air. 

Lahan yang terbakar tersebut hanya berisikan semak dan ilalang. Di lahan itu, juga ada plang yang bertuliskan 'Tanah Milik Polda Riau'.

Kepala Manggala Agni Daops Sumatera IV/ Pekanbaru, Chaerul Parsaulian Ginting menyebut, titik api karhutla di lahan milik Polda Riau diketahui pada, Senin, 7 Agustus 2023 sore. 

"Kedalaman gambutnya 2 sampai 3 meter. Sekarang api sudah masuk ke dalam gambut, sehingga proses pemadaman cukup memakan waktu," terang Chaerul.