Manggala Agni dan Helikopter Water Bombing Berjibaku Padamkan Karhutla di Kampar

Manggala-Agni-padamkan-karhutla.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, KAMPAR - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus terjadi di Provinsi Riau. Sejumlah lahan di Desa Bencah Kelubi, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, dilahap api pada Sabtu, 5 Agustus 2023.

Manggala Agni berjibaku memadamkan api dibantu helikopter yang melakukan water bombing dari udara.

Sebelumnya, Karhutla terjadi di beberapa wilayah seperti Kota Pekanbaru, Kabupaten Rohil, Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Inhil dan Kabupaten Kampar.

Dampak dari karhutla yang terjadi di beberapa wilayah Riau telah memicu kabut asap. Masyarakat di Bumi Lancang Kuning mengaku mulai mencium bau asap yang disebabkan karhutla. 


Namun, Dokter Spesialis Paru, dr Indra Yovi, mengatakan dampak pada kesehatan akibat karhutla saat ini belum begitu dirasakan masyarakat.

Sekarang dampaknya belum terasa, karena masih baru. Jika terlalu lama atau lebih dari seminggu itu berdampak buruk bagi kesehatan manusia," ujar Dokter Spesialis Paru, dr Indra Yovi, Jumat, 4 Agustus 2023.

Lebih lanjut, mantan Jubir Covid-19 ini menjelaskan bahaya kabut asap yang ditimbulkan dari karhutla berdampak pada infeksi saluran pernapasan.

"Tapi nantinya bisa dikhawatirkan bisa berdampak infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), penyakit sesak nafas bagi orang mempunyai masalah paru seperti pada orang tua dan TBC," terangnya.