Setelah Kenyang, Sekelompok Gajah Liar Pergi dari Kebun Warga di Desa Betung

Tim-BBKSDA-mitigasi-gajah.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PELALAWAN-Gajah liar kembali muncul di Desa Betung, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau .

Kelompok Gajah Sumatera di Riau yang merupakan gajah liar ini diperkirakan sebanyak dua ekor, gajah liar ini terlihat di perbatasan Desa Tanjung Beringin dan Desa Betung, Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau sejak Senin (12/04/2021) lalu.


Satwa langka itu masuk ke kebun masyarakat yang ada di sekitar desa untuk mencari bahan makanan. Tim dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam atau BBKSDA Riau kembali menurunkan tim ke lokasi melakukan mitigasi konflik.

"Diperkirakan minimal ada dua ekor gajah yang muncul di Desa Betung. Ukuran tidak terlalu besar atau masih remaja," ungkap Kepala Seksi Konservasi Wilayah l BBKSDA Riau Sugito, Selasa (13/04/2021).

Sugito menerangkan, tim turun untuk memantau pergerakan gajah bersama personil dari instansi lainnya dan merencanakan pengiringan agar kembali ke kawasan hutan sebagai habitatnya.


Hasil pantauan sementara, binatang bongsor itu mendiami hutan pohon Sialang yang ada di Desa Betung. Luas kawasan hutan tersebut diprediksi seluas 20 hektar dan dinilai bisa menjadi tempat tinggal sementara hewan tersebut.

Namun yang menjadi persoalan, gajah tersebut keluar dari hutan untuk mencari makanan di kebun sawit warga. Setelah mendapatkan pakan yang cukup, hewan berbelalai panjang itu kembali lagi ke hutan Sialang.

Hal ini yang mempersulit rencana penggiringan dan merugikan masyarakat lantaran kebunnya dirusak.

"Ini merupakan gajah yang berbeda dengan gajah yang timbul di Dusun Tambun Pangkalan Lesung kemarin.

Jadi kita fokus untuk mengurus ini dulu," tambah Sugito.