Bayar Zakat di Baznas Siak, Alfedri Ajak Pejabat hingga BUMD

Alfedri-Diselempangkan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

LAPORAN: EFFENDI

RIAU ONLINE, SIAK - Plt Bupati Siak Alfedri membayar zakat sebesar Rp35 juta lewat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak pada acara Gemar Siak Berzakat di Masjid Sultan Syarif Kasyim II, Jumat, 1 Juni 2018.

Tak hanya Alfedri, tampak para pejabat Negeri Istana itu beramai-ramai menyalurkan zakatnya. Kemudian, sejumlah perusahaan daerah, BUMD dan PT BSP turut serta membayarkan zakatnya.

"Hari ini, total dana yang terkumpul mencapai Rp 538 juta lebih," kata Ketua Baznas Siak M Rasyid Suharto.

Rasyid menyampaikan, dana yang terkumpul tersebut akan dibagikan kepada masyarakat pada tahap 3 dan 4 tahun ini.

"Pengumpulan zakat dari Januari hingga 30 Juni 2018 sebanyak Rp7 miliar lebih. Dana ini sudah kita salurkan pada tahap I ejumlah Rp2.1 miliar dan pada tahap II saat penyalurannya sedang berlangsung dan akan berakhir tanggal 8 Juni mendatang," jelasnya.

Rasyid menambahkan, dana zakat disalurkan juga melalui, pertama Siak sehat, yaitu program pembuatan jamban sehat, biaya pendamping pasien miskin, khitanan massal, operasi katarak, dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Kedua, Siak religi yaitu program beasisiwa tahfidz, kaderisasi ulama daerah pinggiran, beasiswa anak pinggiran, dan pembinaan muallaf. Ketiga, Siak sejahtera yaitu berupa santunan bulanan mualaf, santunan fakir, santunan kaum difabel, pembagian zakat konsumtif, dan produktif.

Keempat Siak cerdas yaitu program beasiswa santri binaan, calon mahasiswa, calon sarjana, dan mahasiswa binaan. Dan terakhir, Siak peduli yaitu pemasangan listrik dirumah warga yang kurang mampu.

Sementara Plt Bupati Siak Alfedri mengajak seluruh pejabat, perusahaan dan BUMD untuk menunaikan zakatnya ke Baznas Kabupaten Siak.

"Kegiatan Gemar Berzakat ini merupakan kegiatan yang harus kita dukung, yaitu dengan mengajak para muzaki yang ada di sekeliling kita. Semakin banyak zakat terkumpul, semakin banyak pula kaum duafa dan fakir miskin yang terbantu," ungkapnya.

Pada kesempatan itu dilakukan pemasangan selempang sekaligus penyerahan penganugerahan duta zakat kepada Plt Bupati Siak Alfedri, dilanjutkan dengan penganugerahan Zakat Award kepada UPZ Kecamatan Lubuk Dalam sebagai pengumpul zakat terbanyak.

Kemudian UPZ Kecamatan Dayun sebagai pendayagunaan kreatif dan inovatif, UPZ BPS sebagai instansi vertikal terbaik, UPZ Polsek Kerinci Kanan sebagai instansi vertikal terfavorit, UPZ Disdukcapil sebagai OPD terbaik, UPZ Perusahaan terbaik oleh PT. Persi (BUMD), dan Camat Siak sebagai pembina zakat kecamatan terbaik.