Bertemu Irak di Pertandingan Perdana Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Makin Babak Belur?

Timnas-Irak.jpg
([Dok. Instagram/@iraq.ifa])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Timnas Irak akan kembali bertemu Timnas Indonesia dalam matchday pertama Grup D Piala Asia 2023 pada Senin (15/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Kapten timnas Irak, Osama Rashid menegaskan timnya siap mencegah Timnas Indonesia mewujudkan ambisi balas dendam saat kedua tim berjumpa di Piala Asia 2023.

Tim berjuluk Singa Mesopotamia itu akan menghadapi Timnas Indonesia Pertandingan yang akan berlangsung di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar ini bakal menjadi duel ulangan kedua tim setelah saling bentrok di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada November lalu.

Dalam pertemuan terakhir, Irak berhasil melumat Timnas Indonesia. Tim asuhan Jesus Casas itu menghancurkan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan dengan skor telak 5-1.

Meski punya modal positif, Rashid menekankan Irak tak akan menganggap remeh Timnas Indonesia. Gelandang 32 tahun itu menilai skuad Garuda sebagai tim berbahaya yang harus diwaspadai.

"Besok (Senin) akan menjadi laga yang hebat karena kami sudah pernah bertemu mereka," kata Rashid dikutip dari Antara.


"Kami tahu seberapa berbahayanya mereka. Tapi kami sudah bersiap, akan berusaha sebaik mungkin yang kami bisa," tambahnya.

Pertandingan ini dianggap kedua pelatih sama-sama penting. Bahkan bagi skuad Irak, laga melawan Indonesia dinilai lebih penting ketimbang menghadapi Jepang.

Hal itu sempat diutarakan kiper Irak Jalal Hassan. Dia menilai pertandingan pertama sangat krusial dan hasil positif bisa memengaruhi peluang mereka ke babak selanjutnya.

“Kami melihat tiga tim, yaitu Jepang, Indonesia, dan Vietnam punya pandangan dan ambisi yang sama. Karena setiap pertandingan ada tiga poin,” kata Jalal Hassan dalam wawancaranya bersama Asharq Al-Awsat dikutip Sabtu (13/1/2024).

“Menurut saya pertandingan melawan Indonesia lebih penting daripada pertandingan dengan Jepang."

"Selalu pada pertandingan pertama. Pertandingan pertama, kemenangan akan menjadi kunci lolos dari grup," tambahnya.

Selain hasil pertandingan terakhir, Irak diunggulkan lawan Timnas Indonesia merujuk ranking FIFA kedua tim yang begitu timpang.

Singa Mesopotamia diketahui menduduki peringkat 63 dunia, sementara Timnas Indonesia menduduki peringkat 146 dikutip dari suara.com