Ternyata Kang Emil Keturunan Walisongo Sunan Gunung Jati, Begini Silsilahnya

Ridwan-kamil-golkar.jpg
(ANTARA/HO-Pemprov Jabar)

RIAU ONLINE - Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, ternyata punya garis keturunan Walisongo, Sunan Gunung Jati. Ini terungkap dilihat dari silsilah keluarga Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil punya nama lengkap Mochamad Ridwan Kamil adalah pria kelahiran 1971. Sosok yang akrab dengan sapaan Kang Emil itu merupakan putra dari pasangan Atje Misbach Muhjiddin dan Tjuju Sukaesih.

Kang Emil merupakan cucu dari tokoh ulama besar, KH Muhyidin. KH. Muhyiddin ini merupakan kakek Ridwan Kamil dari pihak ibu.

Kakek Kang Emil adalah keturunan Syekh Fattah Rahmatullah, seorang tokoh agama Islam dari Garut. Ia adalah keturunan Maulana Hasanuddin.


Jika ditarik lebih jauh, Maulanan Hasanuddin merupakan putra dari Nyi Mas Kawungan dan Syarif Hidayatullah atau yang dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati, sebagaimana dilansir dari Suara.com, Senin, 18 September 2023.

Dari silsilah ini dapat disimpulkan bahwa Kang Emil masih memiliki garis keturunan dengan seorang Walisongo, Sunan Gunung Jati.

Kang Emil pernah berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Arsitektur. Pada 1999, Kang Emil melanjutkan pendidikan S2 di California, AS dan lulus pada 2001.

Pada 2002 sampai 2016, Kang Emil mengajar di ITB sebagai dosen tidak tetap. Lalu pada 2012 terjun ke dunia politik dan terpilih sebagai Wali Kota Kotamadya Bandung. Kang Emil selanjutnya menduduki kursi Gubernur Jawa Barat setelah terpilih pada 2018.