Baru Dibikin Elon Musk Jadi Situs Twitter, Kominfo Malah Blokir X.com

Kominfo-blokir-X.com.jpg
(Foto: Screenshot/kumparan)

RIAU ONLINE - Elon Musk secara resmi telah memperbarui media sosial Twitter. Tak hanya logo, ia juga membuat domain X.com yang menjadi situs web Twitter.

Sayangnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir website X.com, sehingga tidak bisa diakses di Indonesia.

Dilansir dari kumparan, Selasa, 25 Juli 2023, sebuah pesan atau notifikasi situs diblokir akan muncul saat mencoba mengakses X.com di web browser.

"Maaf, akses ke situs ini diblokir sehubungan dengan Peraturan Menteri Kominfo No.19/2014 tentang Internet Sehat. Terima kasih atas pengertian Anda," bunyi peringatan tersebut.


kumparan juga mencoba mencari alamat X.com di situs Trust Positif Kominfo, platform sensor konten negatif di internet Indonesia berbasis Mesin Pengais Konten Negatif (AIS). Hasilnya, X.com muncul di platform Trust Positif, yang berarti masuk kategori domain, URL, atau keyword berkonten negatif.

Untungnya, X.com tidak mengganti sepenuhnya situs web Twitter.com, karena domain ini hanya dibuat untuk mengarahkan pengguna ke Twitter versi web. Jadi pengguna di Indonesia masih bisa mengakses Twitter melalui laman Twitter.com.

Sebelumnya, Elon Musk mencantumkan alamat X.com di bio akun Twitter miliknya. X.com ini akan diarahkan ke laman Twitter.com jika diklik.

Logo burung biru ikonik Twitter di kantornya yang berada di San Francisco, California, Amerika Serikat (AS), juga dibongkar. Lambang yang sudah bertahan selama 17 tahun terakhir itu digantikan dengan logo baru X.

Meski sudah menampilkan logo anyar X di gedung kantor dan situs web Twitter, lambang burung biru masih tampak di aplikasi mobile-nya.