Pebalap Keturunan RI Ini Bawa Bendera Merah Putih di Podium Moto2 AS

Bo-Bendsneyder-di-podium.jpg
(DPPI / Panoramic via Reuters via kumparan)

RIAU ONLINE - Pebalap Bo Bendsneyder menjadi satu dari pemenang Moto2 Amerika Serikat (AS) pada Minggu, 16 April 2023. Ada yang menarik saat Bendsneyder berada di podium. Pebalap Belanda keturunan Indonesia itu tampak membawa Bendera Merah Putih di podium.

Ternyata, hal itu dilakukan Bendsneyder untuk menghormati orang Indonesia yang merupakan Presiden Pertamina Mandalika, Rapsel Ali. Rapsel Ali yang merupakan menantu Wakil Presiden Ma'ruf Amin meninggal dunia pada 9 April lalu dan dimakamkan di Sulawesi.

Bendsneyder berhasil finis di posisi ketiga dalam balapan di Circuit of the Americas, Austin itu. Baginya raihan podium di Moto2 AS sangat berarti. Ia mempersembahkan prestasinya itu untuk mendiang Rapsel Ali, sekaligus memberi tribute untuk kakeknya yang meninggal dua hari sebelum lomba.

“Akhir pekan ini berat bagi saya pribadi. Kakek saya meninggal dua hari yang lalu, jadi kemenangan ini untuknya. Selain itu, sponsor utama Indonesia kami [Rapsel Ali] juga meninggal dunia awal pekan ini, jadi ini adalah akhir pekan yang sulit bagi saya pribadi dan tim," katanya, dimuat racesport.nl, sebagaimana dikutip dari kumparan.


Pebalap 24 tahun itu sudah balapan untuk Pertamina Mandalika SAF Team sejak 2021. Prestasinya di AS tersebut menjadi raihan podium perdana baginya di kelas Moto2 Kejuaraan Dunia MotoGP.

Di awal musim 2023, Bendsneyder gagal finis di Portugal dan cuma finis ke-22 di Argentina.

"Ini merupakan perjalanan panjang tapi saya merasa sangat kuat musim ini. Selama tes musim dingin, itu berjalan dengan baik dan kami juga kuat di Portimão dan kami bisa bersaing untuk peringkat enam besar, hanya saya terjatuh di sana karena pebalap lain tetapi itu bagian dari balapan," terangnya.

"Argentina basah, kondisinya sulit, singkatnya itu bencana. Saya datang ke Austin dengan sangat percaya diri. Seperti yang saya katakan, secara mental itu adalah akhir pekan yang sulit," tandasnya.