Sederet Anak Presiden Ini Terjun ke Politik Ikuti Jejak Sang Ayah

Kaesang-Pangarep7.jpg
([Instagram/@kaesangp])

RIAU ONLINE - Kabar Kaesang Pangarep yang berkeinginan untuk mengikuti jejak sang ayah dan kakaknya di dunia politik muncul setelah diungkap Gibran Rakabuming Raka.

Gibran menyatakan, sang adik telah menyatakan minatnya di dunia politik langsung pada dirinya dan Jokowi saat makan siang di Solo, Sabtu, 21 Januari 2023 lalu. Gibran mengaku dirinya dan Jokowi sontak terkejut mendengar keinginan Kaesang tersebut.

"Aku ya kaget. Dia (Kaesang) secara terbuka kemarin menyampaikan ke saya, ke Bapak, dia ada ketertarikan di politik," kata Gibran, dikutip dari Suara.com, Jumat, 27 Januari 2023.

Gibran membeberkan bahwa Kaesang berminat untuk maju sebagai kepala daerah. Kendati begitu, Gibran belum bisa memastikan detik terkait rencana tersebut.

Jika Kaesang turut terjun ke dunia politik, maka akan menambah panjang daftar anak presiden yang mengikuti jejak sang ayak menjajal ranah politik.

Lalu, siapa saja putra-putri presiden yang turut bermain politik?

Megawati Soekarnoputri dan saudara

Megawati Soekarnoputri bukan nama yang asing lagi di kancah politik Tanah Air. Ia dianggap sebagai politikus senior Indonesia saat ini. Putri dari proklamator sekaligus presiden pertama Indonesia, Soekarno, itu menjajal dunia politik mengikuti jejak sang ayah.

Kini, Megawati yang menjabat Ketua Umum PDI Perjuangan telah puluhan tahun memimpin partai berlambang kepala banteng itu, sejak era orde baru, ketika PDIP masih bernama Partai Demokrasi Indonesia atau PDI.

Pada 23 Juli 2001, Megawati naik takhta menjadi presiden menggantikan Gus Dur. Ia mengemban jabatan yang pernah diduduki sang ayah itu hingga 2004.

Pada 2004 dan 2009, Megawati menjajal Pilpres, namun gagal. Akan tetapi, partai yang dipimpinnya hingga kini telah memenangkan pemilu hingga dua kali berturut-turut.

Tak hanya Megawati, anak-anak Soekarno lainnya pun ikut terjun ke politik, yakni Sukmawati Soekarnoputri yang menghidupkan kembali Partai Nasional Indonesia (PNI).

Sementara Rachmawati Soekarnoputri bergabung dengan partai Gerindra dan Guruh Soekarnoputra yang ikut bergabung di PDIP dan sudah beberapa kali menjadi anggota DPR RI.

Tommy Soeharto dan saudara

Putra dan putri presiden kedua RI, Seoharto, juga berkiprah di dunia politik mengikuti jejak sang ayah. Siti Hardijanti Rukmana atau yang akrab dengan panggilan Mbak Tutut sempat menjajal politik di bawah Partai Golkar.

Mbak Tutut bahkan sempat menjadi anggota MPR RI Fraksi Golkar pada periode 1992-1998. Kala itu, Soeharto masih menduduki kursi presiden. Mbak Tutut juga sempat menjabat Menteri Sosial selama dua bulan, sejak Maret hingga Mei 1998.


Pada 2018, Mbak Tutup bergabung dengan Partai Berkarya yang didirikan Muchdi Pr. Saudaranya, Siti Hediati Haryati atau Titiek Soeharto juga bergabung di partai tersebtu, setelah sempat terjun ke dunia politik bersama Partai Golkar dan sempat menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2014-2018.

Anak ketiga Soeharto, Bambang Trihatmojo, pun sempat berkarir di politik dan menjabat anggota MPR RI dari Partai Golkar sejak Okteober 1992 sampai Mei 1998.

Sedangkan Tommy Soeharto bergabung dengan Golkar dan sempat menjadi anggota MPR RI selama 1992 sampai 1998.

Pada 2018, Tommy Soeharto yang sempat tenggelam di dunia politik didapuk menjabat Ketua Umum Partai Berkarya hingga 2020. Kini, Tommy bergabung di Partai Swara Rakyat Indonesia sejak 2022 lalu.

Yenny Wahid

Putri presiden ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gusdur, Zannuba Ariffah Chafsoh yang akrab disapa Yenny Wahid juga mewarisi darah politik dari sang ayah.

Yenny bersama sang ayah dan sejumlah tokoh Nahdlatul Ulama lainnya bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Di PKB, Yenny sempat menjabat Sekretaris Jenderal pada 2005-2008. Namun, Yenny didepak oleh Muhaimin Iskandar dari PKB saat partai itu mengalami konflik internal.

Kemudian, ia sempat membentuk partai baru, Partai Kedaulatan Bangsa, yang juga disingkat PKB dan menjabat sebagai Ketua Umum pada periode 2008-2012.

Pada 2012, partai itu melebur dengan Partai Indonesia Baru dan mendeklarasikan diri sebagai Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB) dan menjadikan Yenny sebagai ketua umumnya.

PKBIB sempat mendaftarkan diri menjadi peserta pemilu 2014, namun gagal dalam tahapan verifikasi. Setelah itu nama PKBIB hingga kini tak terdengar lagi.

Puan Maharani dan Prananda Prabowo

Putri Megawati Soekarnoputri sekaligus cucu Presiden pertama RI, Soekarno, Puan Maharani, menjajal dunia politik dengan bergabung di PDI Perjuangan sejak 2008. Puan langsung menjabat sebagai Ketua DPP PDIP Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan.

Puan berhasil lolos ke parlemen pada Pemilu 2009 dan menjaabt sebagai anggota DPR RI periode 2009-2014. Pada 2012 hingga 2014, Puan pun dipercaya untuk menjadi Ketua Fraksi PDIP di DPR RI.

Usai berkiprah di parlemen, Puan masuk ke pemerintahan sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) pada pemerintahan Jokowi periode pertama, 2014-2019.

Di tahun 2019, Puan kembali maju sebagai calon legislatif dan meraih suara terbanyak hingga mengantarkannya kembali ke parlemen. Bahkan, dirinya dipercaya menduduki kursi Ketua DPR RI hingga kini.

Tak hanya Puan, anak Megawati lainnya Prananda Prabowo, juga terjun ke politik. Namun, ia lebih banyak berada di belakang layar dalam membesarkan PDIP.

Dua Putra SBY

Dua putra Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), juga mengikuti jejak sang ayah di dunia politik. Agus Harimurti Yudhono (AHY) kini berkiprah di Partai Demokrat, yang sebelumnya dipimpin ayahnya.

Seperti ayahnya, AHY juga berlatar belakang militer. Namun pada 2016, ia mundur dari TNI saat berpangkat Mayor dan fokus di politik hingga kini.

Saat itu, AHY mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2017, berpasangan dengan Sylviana Murni. Namun, pasangan itu harus puas lantaran hanya bisa melaju ke putaran pertama.

Setelah gagal di Pilkada 2017, AHY ditunjuk menjadi Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat di Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Pada Maret 2020, AHY terpilih secara aklamasi untuk menjadi Ketua Umum Partai Demokrat periode 2020-2025.

Adik AHY, Edie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, sebenarnya sudah lebih dulu terjun ke politik. Ibas menjabat sebagai anggota DPR RI sejak 2009 hingga kini.

Gibran Rakabuming Raka

Putra pertama Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, memang terbilang baru di dunia politik. Sebelumnya, Gibran dikenal sebagai pengusaha. Namun jelang Pilkada 2020, Gibran pun bergabung dengan PDIP, bahkan langsung dipercaya sebagai calon Wali Kota Solo.

Jalan Gibran menuju kursi Solo 1 mulus. Ia pun berhasil menjabat Wali Kota Solo sejak Februari 2020, mengikuti jejak ayahnya.